by

Kepala BPNT Lakukan Kunjungan Kerja, YLP Bisa Jadi Role Model Dunia Bagi Eks Napiter

Kabarone.com,Lamongan – Kegiatan kunjungan kerja Kepala Badan Nasional Penanggulan Terorisme (BNPT) di Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) bertempat di sekretariat Yayasan Lingkar Perdamaian Jl. Masjid Baitul Muttaqin No.1 RT.08 RW.03 Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Pelaksanaan kegiatan kunjungan tersebut Kepala BNPT Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, M.H. berlangsung pada hari Jum’at tanggal 03 Mei 2019 pukul 08.00 WIB – 09.15 WIB bersama rombongan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjend TNI Hendri Paruhuman Lubis, Deputi Bidang Penindakan, Penegakan Hukum dan Pembinaan Kemampuan Irjenpol Drs. Budiono Sandi, S.H., M.Hum., Direktur Deradikalisasi Prof. Irfan Idris, Direktur Pembinaan Kemampuan Brigjenpol Drs. Imam Margono, Direktur Penegakkan Hukum Brigjenpol Drs. Edi Hartono.

Dalam kesempatan ini Direktur YLP Ustadz Ali Fauzi menyampaikan”, kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dari rombongan BNPT untuk terus meningkatkan silaturahmi dengan YLP dan ini jauh lebih berharga. Juga kami laporkan perkembangan Yayasan Lingkar perdamaian beberapa bulan lalu kita punya pekerjaan untuk menyelesaikan pagar tembok dan besi keliling. Tanah yang ada di YLP semuanya sementara masih atas nama saya pribadi namun itu saya hibahkan semuanya karena takutnya nanti ahli waris saya ditakutkan menanyakan/ menuntut”, ujarnya.

Program deradikalisasi disini cukup menjajikan, saat dilapas ada napiter yang bernama Galih Aji Satria (ISIS) ketika pertama kali saya datang kesana, kami dikafir-kafirkan karena saya dianggap murtad, dan Alhamdulillah atas upaya komprehensif yang bersangkutan saat ini sudah mempunyai jiwa nasionalisme dan kembali pada NKRI.

Banyaknya media dan dan luar negeri yang datang kesini untuk melakukan penelitian yang memerlukan waktu berhari hari, sehingga mereka harus bolak balik ke Lamongan, rencana kami akan membangun home stay di sekitar YLP. Pembangunan masjid dan TPQ alhamdulillah progresnya berjalan dengan baik, rencana akan kami buatkan ranjang untuk para santri. Salah satu program BNPT juga membina anak ikhwan yang masih ada di penjara”, papar Ustadz Ali Fauzi .

” Pada kunjungannya Kepala BNPT menyampaikan sambutan dan sekaligus pengarahan”, Kegiatan kami ini dalam rangka silaturrahmi menjelang bulan ramadhan sekaligus menjenguk keluarga BNPT. Kami harapkan YLP bisa menjadi role model dunia, sebagaimana bisa mengemas dan menjadikan masa depan eks napiter menjadi lebih baik. Untuk proses hibah tanah akan kami bantu.

Semakin banyaknya pengunjung yang datang ke YLP sebenarnya bisa menjadi peluang ekonomi bagi warga Tenggulun. BNPT akan mendapat bantuan 3 Rusunawa dari kementrian PUPR. Semoga konsistensi yang kita bangun selama ini menjadi modal yang berharga untuk hubungan silaturahmi kita kedepan. Terima kasih atas usahanya untuk melakukan upaya deradikalisasi napiter di lapas yang tentunya masih mempunyai militansi yang tinggi”, tandasnya.

Dipenghujung acara dilakukan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ustadz Sumarno. Selanjutnya dilakukan penyerahan tali asih dari Kepala BNPT kepada YLP yang diterima oleh Direktur YLP ustad Ali Fauzi. Kemudian Kepala BNPT menjenguk orang tua (ibu) dari pelaku Bom Bali I Amrozi yang didampingi putra amrozi saudara Hendra. Lalu Kepala BNPT beserta rombongan meninjau lokasi kompleks Masjid, TPQ dan tanah yang akan dihibahkan. Acara selesai Kepala BNPT beserta rombongan meninggalkan sekretariat YLP menuju Surabaya.

Lebih lanjut acara Kegiatan berlangsung rapat koordinasi yang dihadiri oleh direktur beserta seluruh anggota YLP, BNPT dan Kapolres Lamongan dengan materi bahasan terkait bantuan dibidang ekonomi dan pembangunan Rusunawa dari Kementrian PUPR.

Kegiatan kunjungan Kepala BNPT di Yayasan Lingkar Perdamaian selesai pukul 09.15 WIB berjalan aman dan kondusif ini juga dihadiri oleh Kapolres Lamongan AKBP FEBY D.P. HUTAGALUNG, S.I.K., M.H, Kabag Sumda Kompol Johar Nawawi, S.H. Kasat Lantas AKP Argya Satrya Wibawa, S.H., S.I.K., Kapolsek Solokuro AKP Suwarta, S.H., Kapolsek Paciran AKP Fandil, S.H., KBO Satintelkam Ipda Aris Sugianto, Anggota Sat Intelkam Polres Lamongan, Staf BNPT, Perwakilan Lapas kelas II B saudara Heru dan saudara Andri, Direktur Yayasan Lingkar Perdamaian Ustadz Ali Fauzi, Para Mantan Napiter dan combatan yang tergabung dalam Yayasan Lingkar Perdamaian, Pengasuh ponpes Al Islam Tenggulun ustad M. Khozin, Putra pelaku Bom Bali 1 (amrozi) saudara Hendra”, pungkasnya (Pul/Ian/As).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *