FKUB Jateng Gelar Deklarasi Damai di KPU

Daerah, Regional484 views

Kabarone.com, SEMARANG – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng melakukan deklarasi damai usai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi.

Gelaran deklarasi tersebut merupakan wujud rasa syukur dan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan pemilu yang berjalan dengan tertib, lancar, aman, damai dan kondusif.

Deklarasi disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, jajaran komisioner dan staf KPU, Bawaslu, Forkompimda Jateng.

“Kami lintas agama Jateng, menyatakan bahwa Pemilu 2019 di wilayah Jateng telah berjalan dengan tertib, aman dan lancar,” seru para tokoh agama tersebut dalam deklarasinya di Aula Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Minggu (12/5) dini hari.

Pada deklarasi yang dipimpin oleh Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji tersebut, mengajak masyarakat untuk mendukung KPU menyelesaikan tahapan Pemilu 2019 hingga tuntas. Seiring rampungnya rekapiltulasi di tingkat provinsi dan selanjutnya rekapitulasi dilakukan di tingkat nasional oleh KPU RI.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Jateng untuk bersabar dan mendukung KPU dalam tugas rekapitulasi yang berlangsung secara demokratis, jujur, adil dan transparan agar mampu memenuhi hak-hak politik serta pemilu sesuai dengan ketentuan undang-undang,” ucapnya.

Ia juga mengajak untuk mendoakan penyelenggara pemilu yang meninggal dunia setelah melaksanakan tugas. “Berdoa untuk pahlawan demokrasi yang gugur dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemilu 2019. Semoga amal ibadahnya diterima dan arwahnya ditempatkan disni Allah SWT,” katanya.

Kelancaran penyelenggaraan Pemilu 2019 juga tak lepas dari peran serta aparat keamanan TNI-Polri dalam mendukung terciptanya kamtibmas di tengah masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada TNI-Polri dan semua pihak yang telah mengamankan seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2019, sehingga pemilu dapat berjalan tertib, aman dan damai,” ujarnya.(amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *