TNI – Polri dan Satpol Lakukan Sweeping dan Razia Yang Memaksa Berangkat Ke Jakarta

Hankam435 views

Kabarone.com,Lamongan – Pelaksanaan kegiatan patroli dan razia gabungan TNI – Polri bersama unsur Satpol PP Pemkab. Lamongan dalam skala besar yang diawali dengan apel di Mapolres Lamongan Jl. Kombespol M.Duryat Lamongan yang dipimpin oleh Kapolres Lamongan AKBP. Feby D.P. Hutagalung, S.I.K., M.H. Sabtu, (18/5).

Kegiatan patroli dan razia gabungan TNI – Polri bersama unsur Pemkab. Lamongan dalam skala besar yang di laksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2019, pukul 22.00 WIB – 01.00 WIB yang bertempat di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Pada kesempatan ini Kapolres Lamongan AKBP. Feby D.P. Hutagalung, S.I.K., M.H. mengungkapkan”, untuk menindaklanjuti situasi pasca pemungutan suara, pada hasil vidcon bersama Panglima TNI dan Kapolri bahwa TNI – Polri dan Pemkab. senantiasa bersinergi dalam menjaga situasi kamtibmas, situasi politik khususnya di provinsi maupun di tingkat nasional terus bergejolak. Ada sebuah perintah yang harus kita kabarkan/kita informasikan menyikapi perkembangan situasi.

Lebih lanjut kata Kapolres Feby”, dimana panglima TNI dan Kapolri perintahkan untuk bisa menghimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dalam rangka mengikuti giat people power pada tanggal 22 mei maupun giat mobilisasi massa dalam mendelegitimasi penyelenggara pemilu.

Pesta demokrasi yang sudah berjalan disusupi politik identitas yang mengedepankan ideologi keagamaan untuk masuk dalam kancah politik. Banyak masyarakat yang mungkin terprovokasi dan masuk dalam pemahaman tersebut. Untuk itu saya berharap potensi TNI dan Polri dimaksimalkan untuk menjelaskan secara soft bahwa pelaksanaan pemilu ini akan berlanjut terus dengan aman dan damai’, terang AKBP. Feby.

” Saya mengharapkan agar TNI dan kita terus bersinergi dan tulang punggung kita saat ini adalah intelijen dalam mendeteksi kerawanan tersebut. Berdasarkan info ada 10.000 massa dari Jatim yang akan bergerak menuju Jakarta. Apabila upaya secara persuasif tidak bisa maka kita lakukan dengan tindakan penegakan hukum. Lakukan razia untuk lakukan sweping terhadap pihak yang tetap memaksa untuk berangkat”, tegas Kapolres AKBP. Feby D.P Hutgalung.

” Densus 88 telah menangkap beberapa terduga teroris yang tergabung dalam JAD yang berniat akan melakukan amaliyah pada tanggal 22 Mei. Saya mengharapkan saat ini kita laksanakan giat patroli dan sweeping, apabila ditemukan bahan dan benda berbahaya segera amankan dan lakukan pemeriksaan. Kita lakukan pencegahan semaksimal mungkin, jaga kondisi kesehatan dan keamanan dengan body system, pergeseran bukan secara individu”, tambahnya.

Selanjutnya Kapolres Lamongan memimpin breifing dalam rangka CB pelaksanaan patroli skala besar dan razia / sweeping, adapun CB tersebut antara lain Intel, Lakukan pendataan di armada travel dan bis, Deteksi di wilayah stasiun. Menurutnya, mulai besok pagi membuat rengiat khusus people power substansinya adalah rencana yang dilakukan sat intelkam paling lambat pukul 10.00 WIB. Lakukan pulbaket dan berkoordinasi dengan Unit intel Polsek. Setiap hari lakukan sweeping/razia dan buat laporannya. Terkait kegiatan tanggal 22, agar profiling pok maupun perorangan dan segera laporkan dan lakukan penggembosan”, tandas AKBP. Feby Hutagalung.

Pada unit – unit untuk Satlantas, lakukan himbauan kepada organda dan lakukan razia dan sweeping. Untuk Sat sabhara
laksanakan kegiatan patroli secara dialogis di kantong pok yang di indikasi akan berangkat dan buat posko Taktis dan lakukan kegiatan bersama lantas, TNI dan satpol PP. Untuk Sat reskrim lakukan penggeledahan bila ditemukan orang yang mencurigakan segera ditindaklanjuti”, pungkasnya.

Dalam pelaksanaan apel tersebut tersebut dihadiri oleh Kapolres Lamongan AKBP. Feby D.P. Hutagalung, S.I.K., M.H. Wakapolres Lamongan Kompol. Imara Utama, S.H., S.I.K., M.H., Para Kabag Polres Lamongan, Para Kasat Polres Lamongan, Para Kanit, Kasie dan Perwira Polres Lamongan, Personil patroli gabungan (TNI, Polri, Satpol PP) Pemkab. Lamongan dengan rincian personil 1 Pleton anggota Kodim 0812 Lamongan, Kompi Sat Sabhara, 1 Pleton Sat Lantas, 2 Pleton Gabungan Staf, 1 Pleton Sat Reskrim, 1 Pleton Satreskoba, 1 Pleton Satintelkam, 1 Pleton Satpol PP Pemkab Lamongan.

” Pelaksanaan Patroli Skala besar dipimpin oleh Kompol. Slamet Suryanto SH.(Kabag Ops) dengan sasaran kantor penyelenggara Pemilu (KPU, Bawaslu), gudang KPU, Lapas kelas II B, dan dilanjutkan razia /sweeping diterminal Lamongan. Pelaksanaan kegiatan patroli gabungan TNI-Polri dalam skala besar dan razia selesai pukul 01.00 Wib berjalan dengan tertib, lancar dan aman. (Pul/Ian/As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *