by

ASN Tak Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila, Sanksi Disiplin Menanti

Kabarone.com,Lamongan – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) peserta upacara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Alun-alun kota Lamongan Jawa Timur termasuk 24 ASN dari luar Kabupaten Lamongan yang mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila pada Sabtu (1/6). Ia, ASN dari luar kota yang mengikuti upacara membuat berita acara yang sudah ditandatangani oleh perwira upacara.

Selaku Inspektur upacara pada Hari Lahir nya Pancasila, Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati mengakui, meski hari libur semua PNS dilingkungan pemerintah kabupaten Lamongan wajib mengikuti upacara kali ini”, jelas Kartika Hidayati.

Sementara, Agus Hendrawan Kabag Humas dan Protokol Pemkab. Lamongan membenarkan, puluhan ASN dari luar Lamongan yang ikut upacara tersebut seperti dari Jakarta, Batam, Samarinda dan Kalimantan yang sedang mudik ke kota Lamongan.

Lebih lanjut, ASN dari luar Lamongan yang mengikuti upacara tersebut ada dari Dinas Pertanian Kalimantan selatan, Kementrian ESDM RI dan staf Kementerian Kehutanan serta kementrian kesehatan RI. Menurut, kata Agus, ASN dari luar kota yang mengikuti upacara membuat berita acara yang sudah ditandatangani oleh perwira upacara”, Ujarnya

Bila ada ASN yang tidak hadir mengikuti upacara, bagaimana ? Agus menegaskan, Sesuai peraturan Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mewajibkan seluruh ASN untuk mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. ” Hal ini bisa dikenai sanksi pelanggaran disiplin, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 35 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN,” Tegas Kabag Humas dan Protokol Pemkab. Lamongan Agus Hendrawan (Pul/Ian/Pur).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *