by

Disperindag Menata Unggulan Desa Melalui Sektor Pemberdayaan

Kabarone.com,Lamongan – Di setiap desa di Kabupaten Lamongan harus punya satu keunggulan (icon) yang dimaksimalkan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lamongan terus menata desa, diantaranya dengan program Desa Karakter Unggul dan Pintar (Desaku Pintar).

Hal ini upaya tersebut dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan dengan melaksanakan pemberdayaan dengan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan warga. Yang saat ini dilaksanakan di Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung Lamongan. Kami melaksanakan pembinaan ketrampilan di bidang perbengkelan las” kata Kepala Disperindag Lamongan, M. Zamroni, Selasa (2/7).

Lebih lanjut menurutnya, pelatihan tersebut tiada lain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan warga agar ke depan keahlianya tersebut diharapkan mampu membuka lapangan kerja sehingga dapat peningkatkan kesejahteraan. Dengan harapan, peserta didik dan Pemerintah Desa (Pemdes) bisa memanfaatkan ketrampilan perbengkelan Las untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi desa. Selain dari pada itu, adanya pelatihan dan pembinaan ini, Pemdes Bakalanpule bisa lebih punya daya saing, khususnya untuk Pemberdayaan unit usaha desa, utamanya dalam binaan BUMDes”, pinta Kepala Disperindag Lamongan.

Sebelumnya, Bupati Lamongan Fadeli menegaskan, ” Di setiap desa harus punya pola pikir mau dibawa kemana desanya. Tiap desa harus punya satu keunggulan yang dimaksimalkan karena jika bukan masyarakatnya, maka siapa lagi. “Maka dari itu seluruh stakeholder di desa agar mempunyai pola pikir untuk membawa kemajuan bagi desanya. Agar memiliki master plan, arah pembangunan demi kemajuan dan kemakmuran warganya” jelas Fadeli saat Puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 Kabupaten Lamongan Tahun 2019 dilaksanakan di Desa Tugu Kecamatan Mantup minggu lalu”, tandas Bupati Fadeli (*).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *