by

Optimalkan Kinerja, KPU Lamongan Gelar Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019

Kabarone.com,Lamongan – Acara Kegiatan Evaluasi Fasilitasi kampanye Pemilu serentak yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye pada Pemilu 2019 dengan Peserta Pemilu dan stakeholder berlangsung di Grand Hotel Mahota. Pada Selasa, (30/07) malam. Kegiatan Evaluasi Fasilitasi ini berdasar UU No 7 tahun 2017, PKPU No 23 tahun 2018, PKPU No 28 tahun 2018 serta Surat KPU RI No 1000/PL.01.6-SD/06/VII/2019.

Pada kesempatan ini Mahrus Ali Ketua KPU Kabupaten Lamongan dalam sambutannya mengatakan, ” Evaluasi ini merupakan penilaian sedangkan kampanye adalah ajakan, gambaran/kesamaan seperti marketing dimana penetrasi dan segmentasi pasar melalui surve begitu pula dalam pemilu dalam hal ini adalah kampanye.

Lebih lanjut Mahrus menjelaskan, ” Hari ini kita akan mengevaluasi hal-hal apa yang kemarin menjadi catatan penting pada kita semua, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai setelahnya yaitu evaluasi”. “Harapan saya dari hasil diskusi nanti menjadikan rekomendasi kami kepada KPU RI , melaporkan apa yang menjadi masukan saran dan kritik demi perbaikan jajaran KPU kedepan, tentunya kita akan menyonsong di tahun 2020 ada Pemilihan bupati dan wakil bupati”, jelas Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali.

Pada agenda yang disampaikan oleh pembagi acara Dewi Maslahatul Ummah, anggota Komisioner KPU Lamongan, ” Bahwa kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye pada Pemilu akan disampaikan oleh dua orang Narasumber, diantaranya Khoirul Anam, Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Lamongan dan M.Nadhim, kordiv. Pengawasan Bawaslu Lamongan.

Sementara, Khoirul Anam Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Lamongan sebagai pemateri Narasumber pertama. Pada garis besarnya menekankan, bagaimana pemasangan Alat Peraga Kampanye yang baik dan di titik-titik lokasi pemasangannya, serta media iklan kampanye.

Lebih lanjut, pemateri disambung oleh Narasumber yang kedua yakni M. Nadhim Kordiv. Pengawasan Humas. Hubal Bawaslu Lamongan, ia menyampaikan potensi kerawanan pada pelaksanaan kampanye, strategi pengawasan, serta memaparkan aktifitas kampanye baik yang melanggar ataupun yang tidak melanggar, harus terinventarisir semua di bawaslu.

Pada penghujung acara kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye pada Pemilu banyak masukan serta saran baik dari perwakilan partai politik, lembaga pemantau pemilu dan juga media/wartawan. Seperti masa tahapan kampamye yang terlaku panjang bagi peserta pemilu”, tandasnya.

” Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua serta anggota KPU Lamongan, Ketua dan anggota Bawaslu Lamongan, Perwakilan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu, Kejaksaan Negeri Lamongan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lamongan, Kodim 0812 Lamongan, Polres Lamongan, Bakesbangpol Lamongan, Dinas Lingkungan Hidup Lamongan, Pemantau Pemilu, anggota NGO/LSM, Media Masa di Lamongan, Mahasiswa Lamongan”, pungkasnya, (*).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *