by

IKAFA JABODETABEK Adakan Haul Kyai Abd Fatah

-Daerah, Regional-611 views

Kabarone.com, Jakarta – Ikatan alumni Al Fatah ( IKAFA JABODETABEK) adakan Haul KH. Abdul Fatah , di Mess perwakilan pemda lamongan jalan Cempaka putih Raya A17 Jakarta Pusat , minggu (1/9/2019). Mereka berasal dari seputar Jakarta,Bogor ,Tangerang,Bekasi.

Hal tersebut di ungkapkan Ketua IKAFA JABODETABEK Amin Santoso mengatakan,Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap Pengurus wilayah IKAFA jabodetabek atas terlaksananya pertemuan kali ini. Suksesnya pembentukan Pengurus Wilayah yang diadakan hampir serentak beberapa waktu setelah Mubes merupakan perkembangan yang menggembirakan bagi roda organisasi IKAFA itu sendiri. Dengan begitu, kita memiliki siklus suksesi pengurus yang jelas dan terkendali.

Kami menyambut baik keberadaan para Pengurus Wilayah IKAFA jabotabek yang rata-rata masih muda-muda, dan ada sebagian kecil darinya yang berasal dari generasi senior. Memang sudah saatnya para senior kita menuntun para generasi muda kita untuk memimpin. Anak-anak muda memiliki semangat yang lebih segar, sedangkan generasi senior memiliki pengalaman yang lebih mendalam. Kombinasi senior sebagai penuntun, dan generasi muda sebagai penggerak merupakan kombinasi yang sempurna. Semoga yang muda bisa belajar dari yang senior, dan yang senior bisa memberikan arahan-arahan yang jitu kepada mereka.

Kita menyadari bahwa menangani dan mengkoordinir alumni jauh lebih sulit daripada menangani santri aktif. Persoalan alumni jauh lebih kompleks karena bersentuhan langsung dengan realitas kehidupan masyarakat dari berbagai lini. Dalam konteks alumni tentu kita sudah tidak lagi berbicara tentang teori-teori keilmuan yang cenderung hitam putih sebagaimana ketika masih di pesantren. Bersama mereka kita lebih sering berbicara mengenai persoalan-persoalan sosial yang sangat rumit dan cenderung serba abu-abu. Namun demikian, bukan berarti kita menjadi kecil hati gara-gara kesulitan dan berbagai kerumitan tersebut. Orang-orang besar selalu menjadikan kesulitan sebagai tantangan untuk mengembangkan diri.

Kita ini sangat kurang dalam hal militansi. Sepertinya kadangkala ada dari kita yang cenderung menangani dan menjalankan IKAFA ini dengan sambil lalu saja. Tentu saja kita sangat tidak berharap hal itu tidak terjadi lagi. IKAFA harus kita posisikan sebagai wadah perjuangan yang kita pikirkan dengan serius dan kita tangani dengan sungguh-sungguh. Kita harus menyadari bahwa IKAFA ini adalah gerbong yang besar, dengan penumpang yang jelas, dan rel yang sudah final. Maka, jangan pernah kita kemudikan dengan main-main dan sambil lalu agar para penumpang itu bisa kita antarkan ke tempat tujuan dengan selamat.

Mengatur alumni tidaklah seperti mengatur santri, maka dibutuhkan keuletan dan kesabaran yang ekstra. Kalau santri aktif cukup kita beri komando satu kata, mereka sudah berangkat semua. Cukup pakai isyarat, mereka sudah manut. Menghadapi alumni tidaklah demikian, karena kita sedang menghadapi figur-figur yang sudah menjadi pemimpin di dalam ruang lingkupnya masing-masing. Maka, menjadi Pengurus IKAFA harus mengedepankan keteladanan dan ketelatenan. Jangan hanya semangat menyuruh, tapi dirinya sendiri tidak melaksanakan. Saya tahu bahwa di IKAFA ini kadangkala yang semangat cuma Pengurusnya, tapi anggotanya tampak kurang memiliki semangat. Bahkan, kadangkala yang semangat dari jajaran pengurus itu cuma Ketuanya, sedangkan yang lain-lain hanya menunggu bola. Yang sungguh paling kami sayangkan adalah ketika ada Pengurus IKAFA justru jarang ikut mengaji. Kalau ini terjadi sungguh sangat ironis sekali.

Semoga bisa memberikan sedikit arti bagi perjalanan IKAFAke depan. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada para Pengurus IKAFA baik Pusat maupun Wilayah, untuk betul-betul berjuang memberdayakan alumni dan mengembalikan mereka terhadap ajaran-ajaran yang mereka dapatkan selama di pesantren. Semoga apa yang kita lakukan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para Masyayikh. Semoga Allah menurunkan berkah kepada kita semua,ujarnya.

Tampak hadir, KH abd Hamid putra pendiri pondok pesantren AL Fatah mengatakan, kita apresiasi kegiatan ini semoga kedepan IKAFA tetap solid, atas nama keluarga pesantren terimakasih atas suksesnya acara Haul ini,ungkapnya.(warisman).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *