Categories: DaerahRegional

Sidak Pilkades Serentak, Diprediksi Kondusif a

Kabarone.com,Lamongan – Bupati Fadeli bersama Forkopimda setempat, TNI dan Polri, memiliki keyakinan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, 385 desa di Lamongan akan kondusif. Itu disampaikannya usai memantau pelaksanaan Pilkades serentak dengan bersepeda motor, Minggu (15/9). Dalam sidak di wilayah Kecamatan Lamongan, Kembangbahu, Sugio dan Sukodadi tersebut, tahapan pemungutan suara terpantau lancar dan kondusif.

Namun Fadeli dan Kapolres AKBP. Feby D.P. Hutagalung sepakat bahwa tahapan pemungutan suara juga harus mendapat perhatian. Terutama untuk desa-desa yang memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) besar dan yang berpotensi terjadi selisih suara ketat. “Alhamdulillah, berdasarkan laporan sementara Pilkades serentak berjalan aman dan lancar. Insya Allah sampai selesai juga akan tetap kondusif. Terima kasih kepada masyarakat Lamongan yang bertambah dewasa dalam berdemokrasi.

Tahapan selanjutnya, penghitungan suara, lanjut Fadeli, akan tetap mendapat atensi. Apalagi untuk desa-desa yang memiliki DPT banyak, sehingga proses penghitungannya baru akan rampung hingga malam hari”, ujar Bupati Fadeli.

Kapolres AKBP Feby DP Hutagalung menambahkan, dia menerjunkan personil untuk melakukan patroli di lokasi-lokasi yang perlu mendapat perhatian. “ Tapi secara umum situasi sangat-sangat kondusif, karena sinergitas dan kedewasaan masyarakat. Ada satu dua hal-hal kecil yang muncul sudah bisa diselesaikan dengan komunikasi,” ungkapnya.

Sejumlah desa dengan DPT besar diantaranya adalah Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong dengan 11.618 pemilih, Desa Brengkok/Brondong dengan 10.365 pemilih. Juga Desa Sukorame/Sukorame yang meski terdapat 5.262 pemilih, tapi memiliki 12 dusun. Demikian pula Desa Lopang/Kembangbahu yang terdapat 5.588 pemilih dengan 10 dusun.

Pilkades serentak ini diikuti oleh 897 Calon Kepala Desa (Cakades) di 385 desa. Atau diikuti oleh 83 persen, dari seluruh 462 desa di Kabupaten Lamongan.

Sebanyak 897 Cakades tersebut terdiri dari 769 laki-laki dan 128 perempuan. Cakades incumbent sebanyak 303 orang. Sedangkan Cakades yang merupakan mantan kades sebanyak 41 orang. Dari total 385 desa, sebanyak 288 desa memiliki dua Cakades yang berhak dipilih dan terdapat 91 desa yang memiliki Cakades dengan hubungan kekerabatan.

Kemudian kecamatan dengan jumlah desa terbanyak yang melakukan Pilkades yakni Glagah dengan 22 desa. Sedangkan Solokuro dengan jumlah desa paling sedikit melaksanakan pilkades, yakni 6 desa”, pungkasnya (Pul/As).

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

11 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

12 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago