by

Ikan Koi Masih Dipercaya Ikan Pembawa Hokky

-Ragam-1,562 views

Kabarone.com, Lamongan – Ikan koi dipercayai mempunyai nilai magis bagi masyarakat, ikan ini dipercaya akan membawa hoki bagi pemiliknya, dianggap akan mendatangkan hal positif ke rumah tempat Anda tinggal.

Dari sekian banyak mitos yang beredar dan jadi kebiasaan masyarakat, ikan koi salah satu yang masih dipercaya adalah menambah faktor keberuntungan yang harus diletakkan di dalam rumah.

Koi (English, bahasa Jepang) atau secara spesifiknya koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi, yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Ini karena koi merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta.

Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan. Karena ikan koi sangat dekat berkerabat dengan ikan mas, dan oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.

Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warnanya, polanya, dan ukurannya. Beberapa unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem. Jenis koi paling dikenal adalah jenis ”Gosanke”, yang terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku, and Showa Sanshoku.

Ikan koi di Indonesia selain dikembangbiakkan juga dijadikan sebagai ikan hias, warna yang mencolok dan beragam memberikan kepuasan dan sensasi tersendiri bagi penggemarnya. Jenis ikan asal cina ini memiliki banyak jenis namun rata-rata memiliki empat perpaduan warna. Dan bisa bertahan hidup hingga ratusan tahun.

Salah satu Pembudidaya ikan koi, syaiful arif dari desa kauman turi, lamongan saat di wawancarai awak media kabarone.com, rabu (18/9) diri nya menjelaskan potensi bisnis dan keunikan ikan koi yang membuat diri nya cinta akan ikan ini dan melakukan pembesarkan ikan ini di lahan tambak di belakang rumah nya.

” Beberapa kawan kawan saya petambak, juga tertarik dan sudah ikut membesarkan ikan koi ini di ladang tambak nya, kita juga membuat wadah komunitas pecinta ikan koi polowijo nama nya. Memang belum banyak di lamongan yang membudidayakan ikan ini, kita mecoba dan ingin mengembangkan nya di sini. Siapa tau bisa menjadi komuditas baru bagi para petani ikan tambak di lamongan,” terang nya.

Ikan koi Sifatnya yang lemah lembut dipercaya masyarakat Jepang bisa membawa cinta dan kasih sayang serta keberuntungan bagi pemiliknya. Sementara manfaat lain dari ikan koi yang masih satu rumpun keluarga dengan ikan emas ini adalah dagingnya memiliki cukup banyak kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan seperti, omega 3 yang bermanfaat dimasa pertumbuhan otak untuk meningkatkan tingkat kecerdasan.

Protein yang berfungsi meregenerasi sel – sel tubuh yang lama diganti dengan sel tubuh yang baru. Fosfor, bermanfaat untuk kesehatan tulang. Vitamin D yang sama fungsinya dengan fosfor untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Bukan hanya itu, ikan koi juga memiliki manfaat mengatasi kadar kolesterol didalam darah dengan menurunkannya, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga. Seperti diketahui jika kadar kolesterol didalam tubuh berlebih maka ini dapat membahayakan bagi kesehatan jantung. Penyebab dari meningkatnya kadar kolesterol adalah makanan dan usia.

Jantung merupakan organ penting yang bertugas untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh. Jantung yang merupakan organ penting ini juga kadang mudah terserang penyakit seperti gagal jantung, stroke dan penyakit jantung. Beberapa makanan seperti daging ikan koi dapat membantu untuk menjaga dengan baik kesehatan jantung Anda.

Bagi Anda yang menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh khususnya yang memiliki berat badan berlebihan, menjadikan ikan koi sebagai menu harian bisa membantu mencapai tujuan Anda menurunkan dan menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh karena ikan koi memiliki kandungan protein yang tinggi dan membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Dengan kata lain, dengan mengkomsumsi ikan koi bersama nasi putih dapat membantu program diet yang sementara dijalankan. Bagi wanita, dengan rajin mengkomsumsi ikan koi dapat mencegah terjadinya kanker payudara

Ikan koi, juga memiliki manfaat menjaga tekanan darah didalam tubuh, tekanan darah yang tinggi umumnya bisa menyebabkan komplikasi pada beberapa organ dalam tubuh dan yang paling fatal adalah bisa menyebabkan kematian. Sedangkan tekanan darah yang rendah juga berlaku sama kematian. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *