by

Kurangi Premium, Alokasi Subsidi di Sektor Lainnya

Kabarone.com, Lamongan – Wujud kerja nyata Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam membantu peran pemerintah pusat lewat beberapa program selalu menjadi patokan utama dalam menyelamatkan APBN melalui program lain demi mengentaskan kemiskinan.

Salah satunya, mengurangi pasokan BBM bersubsidi jenis premium di wilayah Lamongan. Hal tersebut di utarakan Wakil Bupati Lamongan Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M, M.HP saat melounching SPBU di wilayah Kembangbahu tepatnya di jalan raya Kembangbahu – Mantup.

“Disini upaya pemkab Lamongan dalam membantu kinerja Pemerintah Pusat mengurangi jumlah pemakaian BBM bersubsidi jenis premium,” jelas Wakil Bupati Lamongan.

Dengan begitu tambahnya, kalau BBM bersubsidi bisa dientaskan maka akan di alihkan subsidi ke lainnya seperti Pendidikan, Kesehatan, atau pun subsidi lainnya yang bisa mensejahterakan masyarakat pada umumnya.

“Subsidi bisa kita alihkan lewat subsidi lainnya jika kita bisa membantu peran pemerintah dalam mengurangi jumlah pemakaian BBM bersubsidi jenis premium,” ucapnya.

Di Lamongan sendiri terdapat 4 SPBU non subsidi yang sudah beroperasi tanpa menjual bbm bersubsidi jenis premium.

Dengan turunnya konsumsi premium, mestinya subsidi BBM pun mengalami penurunan. Tren pemilik kendaraan menggunakan bensin atau BBM non-subsidi yang menyebabkan turunnya konsumsi premium bukannya tanpa kalkulasi.

Dengan jenis BBM yang oktannya lebih tinggi, dan lebih mahal, pemakaiannya bisa lebih irit. Kenapa? Performa mesin lebih oke, dan jangkauan tempuhnya per liter pun lebih jauh.

Kian turunnya konsumsi premium pasti akan mengurangi subsidi yang mesti disediakan oleh anggaran negara. Harga bensin pun akan semakin mendekati harga wajar. Setidaknya, pemerintah kini secara bertahap bisa melepaskan diri dari sandera subsidi BBM, yang ternyata belum tentu dinikmati oleh kebanyakan rakyat.

Begitu pula peran Pemerintah daerah Lamongan dalam membantu pemerintah pusat mengentaskan pengunaan bbm bersubsidi jenis premium. (Fer/Pur/Pul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *