Dandim 0734/Yka Ajak Mahasiswa Jaga Persatuan dan Jadikan SDM Unggul

Hankam312 views

Kabarone.com, YOGYAKARTA – Komandan Kodim 0734/Yka Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum. membuat terobosan baru dalam menanamkan karakter kebangsaan.

Kali ini melalui Road Show Ceramah Wawasan Kebangsaan yang digelar dihadapan mahasiswa dan mahasiswi yang berada di Asrama Putra Mahasiswa Sulawesi Tengah, jalan Bintaran 8 Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta,Rabu (25/9).

Dihari ketiga ini,dalam paparannya, Dandim 0734/Yka menyampaikan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI yang kita cintai.

“Walaupun berbeda Pulau, Suku, Ras dan Agama, kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan, sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tetapi satu jua”, tegasnya.

Menurutnya, perbedaan-perbedaan yang ada justru merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan kita lestarikan sebagai kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan semangat sumpah pemuda.

Dikaitkan dengan situasi saat sekarang ini, dan dengan adanya persaingan Global menuntut generasi muda bisa menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

Selain itu, dengan perubahan dan kemajuan tehnologi yang begitu pesat banyak membawa pengaruh dan perubahan bagi masyarakat luas.” Apabila tidak ada filter dengan baik maka akan merusak generasi penerus bangsa, “imbuhnya.

Mantan Kapendam IV/Diponegoro itu juga mengungkapkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan diantaranya dengan membentuk karakter dan perilaku masyarakat.

”Generasi muda harus berbuat yang terbaik untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara” ungkap Dandim di akhir paparannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kesbang Kota Yogyakarta, Diasma Sandi Swandaru (PSP UGM Yogyakarta), Catur Setyo Ari Nugroro, S.psi (FPK Kota Yogyakarta). (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *