Pemilihan Brand Padi Jenis Setara, Hasil Panen Desa Kuluran Melimpah

Daerah, Regional1,747 views

Kabarone.com,Lamongan – Musim tanam tahun ini tepatnya di desa Kuluran Kecamatan Kalitengah Lamongan Jawa Timur mengalami peningkatan yang signifikan hingga 10-12 ton perhektar. Ini dikarena pada musim tanam kali ini peteni selain memperhatikan pola tanam yang baik, para petani juga melakukan pemilihan varietes padi yakni memilih benih padi varietes Setara.

Dengan peningkatan keberhasilan tersebut diapresiasi oleh pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan yang diwakili Sudarto. Selanjutnya kemudian digelar Panen Raya yang dihadiri oleh Camat Sudjirman Sholeh, Danramil Kapten Inf. Sumaji, Kapolsek yang diwakili Aiptu Agus, Sekcam Sukri dan Kasi Ekbang Heri Nurachman.

Sementara itu, Acmad Syafik, Kepala Desa Kuluran memaparkan sebagain besar warganya sudah menggunakan padi jenis Setara. Inspirasi Panen raya kali ini agar bisa memberikan motivasi kepada warga petani yang lain dan yang belum menggunakan padi jenis Setara. Sehingga hasil panen padi mereka bisa meningkat seperti kali ini.

Selain itu Achmad Syafik, berharap, para petani yang ada di Desa Kuluran yang ia pimpin turut serta melakukan inovasi baru agar panenya melimpah dan kedepannya bisa menjadi petani yang profesional. “Sehingga nantinya agar dapat meningkatkan pendapatan petani demi mensejahterakan keluarganya”, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Sudjirman Sholeh Camat Kecamatan Kalitengah, juga menjelaskan, padi jenis Setara tahun lalu sudah pernah diuji cobakan di Desa Blajo juga wilayah desa di Kecamatan Kalitengah. Hasilnya juga sama dengan di Desa Kuluran.

“Jika dilihat panen kali ini, kita berharap padi jenis Setara bisa di gunakan oleh seluruh desa se-Kecamatan Kalitengah. Namun sebelum semua petani menggunakan bibit ini. Pengkajian akan tetap kita lakukan lebih lanjut, agar mereka bisa menikmati panen secara maksimal kedepannya” jelasnya.

” Hal senada, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Lamongan yang disampaikan oleh Sudarto mengatakan, ” Hasil uji coba bibit padi jenis Setara di wilayah Kecamatan Kalitengah tahun ini cukup baik. ” Padi jenis Setara ini kembali diuji coba di wilayah Kecamatan Kalitengah. Dan kali ini di Desa Kuluran hasilnya juga cukup signifikan. Dari satu hektar sawah, para petani bisa panen padi sekitar 10 – 12 ton.

Para petani juga merasakan perbedaan jika menggunakan jenis atau varietas setara. Karena hasil panen mereka mengalami peningkatan dibandingkan menggunakan varietas lain.
“Uji coba padi jenis Setara bisa berjalan lancar di desa ini, karena selain berdekatan Bengawan Solo, aliran irigasi Desa Kuluran juga berfungsi dengan baik meski sebagian besar Lamongan mengalami kekeringan akibat kemarau berkelanjutan”, ujar Sudarto, (Pul/As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *