TMMD Ke- 106 Malang-Kota Batu, Saatnya Mengabdi Pada Ibu Pertiwi

Hankam307 views

Kabarone.com,Lamongan – TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-106 Tahun 2019 bertempat di Lapangan Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo Malang baru-baru ini dibuka secara resmi oleh Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM (2/10). Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Malang yang didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Kol. Inf. Ferry Muzawwad tepat setelah dilaksanakan upacara pembukaan TMMD.

Pada kesempatan kali ini Bupati Sanusi mengungkapkan, ” Baik atas nama pribadi atau pun Pemerintah Daerah, disampaikannya, ucapan terima kasih khususnya kepada segenap jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang kembali melaksanakan kegiatan TMMD di wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo.

Pemerintah Kabupaten Malang berharap, pada kegiatan yang melibatkan lintas sektoral dan instansi ini, nantinya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Karena dalam setiap pelaksanaan TMMD, secara pasti memberikan manfaat besar bagi daerah yang menjadi lokasi TMMD, tanpa terkecuali pada pelaksanaan di Desa Kedungsalam”, papar Bupati Sanusi optimis. Sabtu, (12/10).

Lebih lanjut, Bupati Sanusi mengajak seluruh masyarakat untuk bisa memahami, bahwa dalam setiap pelaksanaan TMMD juga menyimpan nilai luhur yang tersirat. Diantaranya bentuk semangat kebersamaan, gotong royong dan nilai persatuan sebagai sebuah bangsa. TMMD juga merupakan wahana untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional melalui kegiatan yang terintegrasi dengan seluruh elemen masyarakat secara berkesinambungan.

” Melihat rencana program yang telah disusun, saya optimis hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kedungsalam dan Kecamatan Donomulyo pada umumnya. Untuk itu, saya juga mengajak masyarakat untuk juga memberikan dukungan dan turut berpartisipasi manakala membutukan peran dari masyarakat luas. Sinergitas dan kekompakan semacam ini, manfaat positif tetap dapat dirasakan pasca pelaksanaan TMMD dan dapat mendorong pencapaian pembangunan dalam skala lebih luas.

‘Mari mendukung, kita sengkuyung (barsama-sama) program pembangunan yang bertujuan mensejahterakan masyarakat desa seperti ini. Ayo kita bangun desa tanpa pamrih, dan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal yang dimiliki. Desa yang maju adalah sumber kemajuan negara, maka saatnya bagi kita untuk melanjutkan karya bakti dan pengabdian pada Ibu Pertiwi. Bersama tingkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan di daerah dan negara ini”, pinta orang nomer satu di Malang-Kota Batu tersebut.

Pelaksanaan TMMD ke-106 tahun 2019 berfokus pada upaya membangun berbagai sarana dan prasarana publik yang bersinggungan langsung dengan kepentingan masyaraka secara terpadu. Diantaranya Pengerasan Jalan, Pipanisasi, Perbaikan Mushola, Pembuatan MCK, RTLH, Jamban Keluarga dan Rabat Jalan Proyek Padat Karya. Selain itu, juga akan dilaksanakan pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu, dan beberapa program sasaran non fisik yang melibatkan berbagai Perangkat Daerah Kabupaten Malang.

Kegiatan TMMD tersebut digelar Kodim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu mulai tanggal 2 hingga 27 Oktober mendatang. Bupati Sanusi bertindak sebagai Inspektur Upacara, usai Upacara bersama Kol. Inf. Ferry Muzawwad Dandim 0818 menyerahkan sejumlah bantuan dari Pemerintah Kabupaten Malang untuk masyarakat dan juga melakukan penanaman pohon”, pungkasnya, (pendiam 0812/pul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *