Categories: Liputan Khusus

Semarang Deteksi Tempat Gelap, Pasang Sipenjalu Online

SEMARANG,kabarone.com – Pemerintah kota Semarang melalui Kepemimpinan Wali Kota Hendrar Prihadi tengah fokus untuk bisa meningkatkan rasa aman dan nyaman masyarakatnya.

Memahami jika tempat gelap memiliki potensi kejahatan yang tinggi, selain pemasangan 10 ribu kamera CCTV di seluruh wilayah di Kota Semarang, kini Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu membuat sistem penerangan jalan umum (Sipenjalu) melalui online.

Dengan sistem itu, Pemerintah Kota Semarang lebih mudah memetakan penerangan jalan umum. Tak hanya itu, sistem yang dibangun Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang ini dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan permohonan penerangan jalan umum di wilayahnya masing-masing secara online.

Hendi menyebutkan dengan adanya sistem penerangan jalan umun yang diaplikasikan oleh Pemerintah Kota Semarang saat ini, jajarannya dapat lebih mudah mendata lampu yang terpasang.

“Terkait penerangan jalan umum, data menjadi sebuah hal yang penting untuk bisa disajikan dalam mengambil kebijakan. Sudah cukup belum? Daerah mana yang perlu ditambah? Kekuatan lampunya sudah sesuai dengan kondisi jalan belum? Pertanyaan-pertanyaan itu harus dijawab dengan data,” kata Hendi, kepada awak media, baru baru ini.

Hendi juga menegaskan jika dalam upaya penerangan wilayah tidak dapat hanya sebatas jalan protokol saja, tetapi harus sampai ke wilayah kampung. Karenanya, pemerintah membutuhkan partisipasi masyarakat dalam pendataan.“Walaupun saat ini jika ada laporan kerusakan dari masyarakat langsung, akan secepat mungkin dibenahi. Tapi saya ingin ada sebuah sistem otomatis yang secara menyeluruh langsung bisa mendeteksi kondisi lampu penerangan yang ada,” tambahnya.

Jadi selain menampilkan sistem informasi geogragfis penerangan jalan umum di Kota Semarang, masyarakat bisa juga langsung mengakses website sigpju.semarangkota. go.id. Masyarakat bisa menginfokan daerah yang masih butuh penerangan.

“Maka harapan saya komitmen untuk menekankan kerawanan wilayah dengan melakukan penerangan ini bisa disambut baik. Masyarakat bisa proaktif memberikan informasi kepada kami melalui sistem tersebut,” tandas Hendi.

Sesuai dengan data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang saat ini pada wilayah tersebut terdapat 63 ribu lampu penerangan jalan umum. Dari jumlah tersebut, 5 persen atau sekitar 3.150 lampu merupakan smart lighting.

Dengan teknologi yang terhubung dengan sistem informasi penerangan jalan umum itu, tidak hanya melakukan pemantauan kondisi. Pemerintah Kota Semarang juga dapat menerangkan dan meredupkan lampu dari sebuah ruang kontrol.

Adanya teknologi tersebut memudahkan Pemerintah Kota Semarang dalam melakukan efisiensi energi lampu yang digunakan. (Amr)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Pertemuan dengan USAID, Menteri AHY Bicara Target Pendaftaran Tanah dan Keberlanjutan Pembangunan Indonesia

JAKARTA | Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti…

4 mins ago

Menteri AHY: Pendaftaran Bidang Tanah untuk Pemanfaatan Tanah Masyarakat yang Lebih Optimal

SURABAYA |Kabar One.com - Dalam mendukung jalannya pembangunan merata juga harus dipastikan tidak ada tanah…

8 mins ago

Pentingnya Tanah dalam Urusan Pembangunan, Menteri AHY: Harus Diyakinkan Tidak Ada Masalah

SURABAYA,Kabar One.com- Pemerataan pembangunan terus digagas pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dalam setiap urusan…

13 mins ago

Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 di Gelar, Wujud Pelestarian Budaya

KOTABARU,kabarOne.com-Sebagai wujud pelestarian adat budaya kearifan lokal serta diharapkan mampu menjadi daya tarik wisatawan, Festival…

1 hour ago

Berikan Predikat WTAB kepada 46 Satuan Kerja Daerah, Menteri AHY: Zona Integritas Hadirkan Layanan Publik yang Akuntabel, Transparan, Profesional, dan Melayani

JAKARTA,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)…

3 hours ago

Dukung Percepatan Sertipikasi Tanah di Pulau Nusakambangan, Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM

JAKARTA,Kabar One .com-Kementerian Agraria dan Tata ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menerima Piagam Penghargaan Mitra Kerja…

7 hours ago