Rawan Terjerat UU ITE, Mahasiswa FH Unisbank Bekali Hukum Kepada Pelajar

Lipsus368 views

SEMARANG,kabarone.com-Lebih kurang dari 170 juta pengguna internet di Indonesia adalah kalangan pelajar tingkat SMA.

Bahkan hampir semua pelajar SMA memiliki media sosial. Namun demikian mereka tidak menyadari dan tahu resiko hukumnya ketika berinteraksi dengan media sosial.

Latar belakang inilah menjadi salah satu pertimbangan mahasiswa FH Unisbank memberikan bekal pengetahuan terhadap pelajar, khususnya resiko hukum dalam UU Informasi dan Transaksi Eleltronik (ITE).

Tak kalah penting adalah melatih mahasiswa komunikasi publik serta praktek secara langsung di lapangan. Demikian disampaikan Kepala Laboratorium FH Unisbank Karman Sastro di sela acara pendidikan hukum di SMA Institute Indonesia, Selasa (5/11/19).

Sedikitnya 100 pelajar SMA Institute Indonesia tampak serius mengikuti pendidikan hukum pada acara tersebut.

Sedangkan metode permainan dalam penyampaian materi dikemas sedemikian rupa sehingga tak menjemukan. Reward berupa alat tulis terhadap peserta yang kritis membuat pelajar SMA Institute Indonesia banyak mengacungkan jari untuk bertanya kepada pemateri.

Muhammad Aulia Rahman dan Brian Yunendar,keduanya mahasiswa FH Semester 7 (tujuh) merasa tertantang untuk terus memberikan pendidikan hukum kepada masyarakat.

” Selain tidak membosankan belajar hukum di kelas, kita mendapatkan pengalaman tampil di hadapan publik. Tak hanya itu, metode ini memaksa kita belajar dulu sebelum tampil,’ ucap Auliia .

Hadir dikesempatan itu, Dekan FH Unisbank Dr.Rochmani,SH.M.Hum serta sejumlah mahasiswa Klinik hukum FH Unisbank.

Rochmani dalam sambutannya menuturkan, pendidikan hukum terhadap pelajar akan terus dilakukan. ‘ Program pendidikan hukum ini tidak sebatas anak pelajar, namun demikian juga dilakukan terhadap masyarakat,’ ujarnya.

Dalam waktu dekat, dirinya menyebut untuk Kelurahan Bulu Lor Kota Semarang menjadi obyek melatih mental mahasiswa untuk memberikan pendidikan hukum sekaligus konsultasi hukum secara Cuma Cuma.’ Program ini diharapkan memberikan manfaat terhadap mahasiswa dan juga masyarakat,’ pintanya. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *