Categories: Daerah

Launching War-LA: Pendobrak Ekonomi Pedesaan

LAMONGAN,kabarone.com – Bupati Fadeli terus berupaya mendorong ekonomi pedesaan. Salah satunya dengan mendirikan Warung Lamongan (War-LA) yang dikelola secara profesional sehingga diharapkan mampu mendobrak kemajuan ekonomi desa.

War-LA ini meski didirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), namun dikelola secara profesional, dengan sentuhan modern. Karena dalam pengelolaannya bekerjasama dengan Kerjasama Operasi Ekonomi Bersama (Kasobi). Kasobi ini membantu dalam branding, penataan barang, manajemen stok barang, hingga software penjualan selayaknya toko modern.

Bupati Fadeli saat Melaunching Warung Lamongan (War-LA) di Desa Karangangung Kecamatan Glagah, Senin (30/12), optimis War-LA bisa menumbuhkan UMKM di Lamongan. Karena di setiap gerai War-LA disediakan rak khusus untuk menjual produk UMKM setempat.

Selain War-LA Desa Karangangung, Bupati Fadeli secara bersamaan meresmikan 9 gerai lainnya melalui fasilitas telekonference. Yakni War-LA Desa Blawi/Karangbinangun, Desa Banyubang dan Dagan/Solokuro, Desa Kranji dan Drajat/Paciran, Desa Kelorarum/Tikung, Desa Karangsambigalih/Sugio, Desa Sukosongo/Kembangbahu dan Desa Ngimbang/kecamatan Ngimbang.

Selanjutnya, di tahun 2019 secara bertahap akan didirikan 120 War-LA. “Di tahun 2020 saya harapkan semua BUMDes harus sudah punya War-LA,”ujar Fadeli.

Fadeli juga berharap agar dana desa selain dapat dioptimalkan untuk pembangunan fisik dan infrastruktur, juga dipergunakan untuk membangun wisata lokal dan pemberdayaan ekonomi desa.

“Selain pembangunan fisik, sisihkan dana desa untuk membangun wisata lokal. Selain itu juga untuk memberdayakan ekonomi desa seperti War-LA ini. Karena hasil dari War-LA ini akan kembali ke desa sebagai pemilik War-LA,” imbuhnya.

Sementara itu plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pujobroto Iriawan Putra mengatakan, pendirian War-LA ini diharapkan dapat memotivasi dan membangun kepercayaan desa dalam mengelola perekonomian desa secara mandiri.

“Selain sebagai pemenuhan kebutuhan warga desa,War-LA diharapkan dapat memberikan pekerjaan bagi warga yang membutuhkan, sebagai sarana promosi produk warga sekitar, sentra kegiatan masyarakat dan pelatihan pengembangan masyarakat, dan mitrausaha toko-toko sekitar desa,” ungkapnya, (*).

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

3 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

5 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

6 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

13 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

17 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago