Puja Goa Tamaluang, Pesta Adat Balian Tandik Di Gelar

Daerah1,027 views
KOTABARU,kabarone.com- Puncak perayaan Pesta Adat Balian Tandik atau Pemujaan Goa temuluang di Balai adat Pangkalan Desa Bangkalaan Dayak Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru di hadiri Sayed Jafar Alaydrus, minggu, 5/1/2020.

Selain Bupati Kotabaru, acara ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Camat Kelumpang Hulu beserta Forcopimca, serta ratusan Masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya Acara Ritual Adat ini.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan, sangat mengapresiasi pesta adat dayak ini yg merupakan ucapan rasa syukur masyarakat kepada tuhan yang telah memberikan rezeki yg melimpah melalui Goa Temuluang.

Kedepan Nantinya pemerintah akan mengemas Ritual Adat ini bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga supaya lebih meriah lagi serta bisa menjadi salah satu Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru, harapnya.

Nantinya infrastruktur jalan khususnya yg ada di tempat ini akan kami perbaiki lagi, agar memudahkan akses menuju tempat ini sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat, ujar Jafar.

Kepala Desa Bangkalaan Dayak Herdinan Selaku Kepala mewakili masyarakat mengatakan, sangat berterimakasih kepada Bupati Kotabaru dapat menghadiri pesta adat ini walaupun agenda bupati sangat banyak

Kami sangat bersyukur Bupati Kotabaru bisa menghadiri pesta Adat kami ini secara langsung, walupun sempat menunda beberapa agenda beliau, ujar Herdinan

Perlu diketahui Acara Ritual Adat ini sendiri merupakan ucapan rasa syukur masyarakat karena telah diberikan rezeki melimpah karena adanya Goa Temu Luang yang ada desa ini

Pada kesempatan itu juga bupati kotabaru memberikan bantuan berupa kartu BPJS Kesehatan serta Pojok Suami Program PAK Bamega.

Sementara itu M. Jayadi ketua Babalian Desa Bangkalaan Dayak mengatakan, dengan di gelarnya pesta adat ini terutama pemujaan Goa Tamaluang harapannya nanti bisa seperti pesta adat lainya yang di perhatikan oleh pemerintah yang bisa menarik wisatawan- wisatawan lokal maupun asing yang bisa datang dan berkunjung ke tempat ini Desa Bangkalaan Dayak yang terkenal dengan Goa Tamaluang.

Acara ini rutin di laksanakan setiap tahunya, tapi acara seperti dompreng dan judi itu tidak ada lagi, tapi pemujaan candi tetap ada, pemujaan Goa Tamaluang ini di laksanakan selama 6 hari 6 malam, selain itu ada pemotongan kambing, kerbau dan pemotongan sapi, tutup Jayadi.(Hrp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *