Categories: DaerahRegional

Brimob Polda Jateng Gelar Simulasi Pencegahan Virus Corona

 

SEMARANG,kabarone.com – Tim Gegana Brimob Polda Jateng melaksanakan simuasi pelatihan pencegahan dan penanganan Corona virus atau covid-19 di area mako Brimob Srondol, Rabu pagi (18/3/2020).

Simulasi ini menjadi rangkaian pelatihan dan penangulangan penyebaran virus corona yang diikuti oleh ratusan perwakilan personil dari 35 polres/tabes di jajaran Polda Jawa Tengah.

“Jadi pelatihan ini dengan cara memberikan bantuan kepada instansi untuk memberikan penyemprotan disinfektan ditempat keramaian atau yang banyak dikunjungi banyak orang diantaranya terminal, pasar, gedung bioskop, dan tempat keramaian lainnya, tempat ibadah juga, ” kata Karoops Polda Jateng Kombes Pol Rachmat Widodo didampingi Kabiddokes Kombes Tri Yuwono Putra seta Dansat Brimob Kombes.Pol.Tory Kristianto usai memimpin apel.

Anggota Detasemen Gegana dengan seragam khusus Alat Pelindung Diri (APD) level A, B dan D memperagakan Standar Operasional Prosedur (SOP) stirilisasi personil usai memasuki daerah yang terkonfirmasi terduga virus corona.

Tidak hanya di tempat keramaian, masyarakat juga dapat memanggil layanan ini untuk melakukan stirilisasi rumah yang terkonfirmasi terduga Covid-19.

“Masyarakat bisa memanggil lewat BPBD atau Polri, gratis,” ujarnya.

Selain simulasi, personil juga dibekali pelatihan dalam mengamankan diri guna menjamin kesehatan pribadi dengan olahraga , peragaan cuci tangan pakai sabun hingga materi yang disampaikan dari kedokteran Polda Jateng.

“Materi terpenting ya mengamankan sebelum menyemprot harus mengamankan diri sendiri dulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kalakhar BPBD Prov Jateng, Sudaryanto mengaku terbantu dengan adanya sinergitas dengan kepolisian ini.

“Kami merasa terbantu, BPBD masih menyusun kontingensi melibatkan TNI Polri, ini yang pertama yang kedua sesuai arahan gubernur kita kan secepatnya ikut penangulangan bencana covid -19 ini,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, nampak sekali kesiapan peralatan pendukung personil penyemprot desinfektan mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), tabung pernafasan khusus, tenda dekontaminasi, dekontaminasi shower, hingga material desinfektan yang dipastikan mencukupi kebutuhan Jawa Tengah.

Terkait Corona, Dansat Brimob, Kombes Pol Tory di akhir kegiatan menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan beberapa hal penting, yakni pertama masyarakat diminta jangan panik, kedua membatasi kegiatan yang tidak perlu, ketiga jangan menjadi penyebar hoax.
keempat pola hidup bersih,dan kelima
menjaga kondisi tubuh serta
mengikuti kebijakan pemerintah dan selalu
berserah diri pada Allah. (Amir)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

5 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

6 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

7 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

14 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

19 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago