Pandemi Corona COVID-19 Tak Halangi Kodim Lamongan Gelar Donor Darah

Hankam311 views

Lamongan,Kabarone.com-Wabah Virus Corona (COVID-19) yang tengah berkembang di Indonesia membuat semua pihak bahu-membahu memerangi virus yang telah merenggut ratusan korban jiwa di Tanah Air itu.” Tak terkecuali jajaran Kodim 0812/Lamongan.

Selain aktif melakukan sosialisasi pencegahan virus ini dan melakukan penyemprotan Disinfektan, Kodim 0812 Lamongan juga ikut membantu Palang Merah Indonesia (PMI) yang kekurangan stok darah dengan menggelar donor darah di Aula Kadetsuwoko Kodim 0812 Lamongan.

Komandan Kodim (Dandim) 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H.,mengungkapkan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan intansinya bertujuan untuk membantu PMI Kab Lamongan dalam penyediaan darah.

Diketahui, imbas dari kebijakan social distancing, stok darah di PMI mulai menipis. Sementara di sisi lain, kebutuhan masyarakat akan darah masih cukup tinggi. “Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan untuk membantu PMI,” ujar Dandim, Kamis (02/04/2020).

Dandim yang karib disapa Letkol Inf Sidik  itu menambahkan, kegiatan donor darah yang dilakukan institusinya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah pandemi Corona COVID-19 seperti tidak berkerumun, menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya dan mengatur waktu kedatangan anggota secara bergantian.

Di sisi lain, Dandim mengimbau dan  mengajak masyarakat melakukan kegiatan positif di tengah pembatasan aktivitas di luar rumah. Salah satunya dengan cara bercocok tanam, baik di lingkungan Kodim maupun di perumahan.

“Tentu saja selain bisa mengurangi kejenuhan ketika hanya beraktivitas di rumah saja, bercocok tanam juga bagus bagi masyarakat untuk memudahkan mendapat kebutuhan dasar,” kata Letkol Sidik.

Sementara itu dari pihak PMI Lamongan,  mengucapkan terima kasih kepada TNI, dalam hal ini,” yang mana Kodim 0812/Lamongan telah membantu ketersediaan darah di PMI. “Kami dari pihak PMI mengajak masyarakat Kab Lamongan dalam kondisi saat ini untuk tetap mau donor darah untuk kegiatan kemanusiaan,” harapnya.(Ian/Rul/Pur/F2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *