Kampanye Gemarikan untuk Menekan Stunting dan Melawan Corona

Daerah, Regional481 views

Lamongan,Kabarone.com – Desa Banjarejo kecamatan Sukodadi Lamongan mendapatkan berkah bulan romadhan, dengan dilaksanakannya kampanye gemar ikan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa timur dan dinas perikananan kabupaten Lamongan dalam rangka kampanye gemarikan utk melawan covid 19 di desa stunting nya masih tinggi.Jumat(8/5).

Kampanye gemarikan siang ini di hadiri oleh Nurwahidah mewakili Dinas perikanan dan kelautan propinsi Jatim , Drs Heru Widi Dinas perikanan Lamongan ,muspika kecamatan Sukodadi kabupaten Lamongan, 50 wanita undangan penerima bantuan dengan tetap menggunakan protokol covid 29, sosial distancing, physical distencing.

Dalam kata sambutanya kepala Dinas perikanan Lamongan Drs Heru Widi meminta ibu ibu mengajak keluarganya gemar makan ikan, agar sehat , kuat, pertumbuhan fisik normal , kulit halus , sehat jasmani dan rohani.

Disamping itu Heru Widi mengingatkan kepada ibu2 yg disebut makan ikan itu ya ikan seperti ikan Bader ikan nila ikan tongkol ikan pindang ikan cumi, udang dst bukan ikan tahu, tempe ,telur , kripik, kalau itu namanya lauk bukan ikan, dan yang bisa memulai serta menggerakkan gemar makan ikan tiada lain kecuali para ibu semua.

Karena itu peran ibu begitu penting dan central dalam gerakan gemarikan ini,”ujarnya.

Hal senada dengan Drs Heru Widi wakil dari Dinas propinsi Jatim Nurwahidah menyampaikan arahan dengan memakan ikan yang banyak , diharapkan cukup bisa menekan stunting Yakni buruknya gizi kronis dan kurangnya asupan gizi yang cukup lama,yang menyebabkan terganggunya hormon pertumbuhan baik secara fisik maupun mental imbuhnya.

Adapun bantuan yg diserahakan kepada para ibu yang hadir diantaranya ,ikan segar bandeng dan nila 2kg ,produk olahan ikan 5kg, sarden kaleng dan tuna kaleng serta masker,”ungkapnya.(As)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *