Categories: Daerah

Titah alam adakan seminar guna menjaga kelestarian lingkungan hidup di kawasan Kabupaten Lamongan

Lamongan,Kabarone.com – Dalam rangka peran serta dalam mempertahankan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup di kawasan Kabupaten Lamongan dari proses industrialisasi yang bergerak secara pesat, Lembaga Swadaya Masyarakat TITAH ALAM menggelar pelatihan pada Rabu 26/08/2020 di Gedung PGRI Lamongan dengan topik pelatihan yaitu Penyusunan Dokumen AMDAL, UPL, UKL dan Launching Sekolah Alam dan Budaya.

 

Dalam Pelaksanaan pelatihan ini juga turut mengundang Dinas Lingkungan Hidup lamongan dan Peneliti Lingkungan serta Budaya, guna untuk memaksimalkan pelatihan tersebut. yang mana berfokus pada pelestarian lingkungan dan budaya, dalam Forum ini juga melibatkan berbagai tokoh masyarakat dan Tokoh Pemuda yang berasal dari berbagai kawasan Lamongan selatan, yaitu khususnya dari Kecamatan Sambeng, Ngimbang, Modo, Kembangbahu dan Mantup.

Khoirul Huda selaku ketua LSM dalam sambutannya menyampaikan bahwa TITAH ALAM merencanakan pada tahun ini akan mengkonsentrasikan sebagai mediator dan penjembatan bagi masyarakat terkait keluhan dan keresahan masyarakat berdampak terhadap kebijakan-kebijakan pabrik terutama mengenai Analisis Dampak Lingkungan yang merugikan masyarakat sekitaran pabrik berdiri.

” TITAH ALAM akan berkomitmen untuk menjadi mediator dari masyarakat kepada Oknum Pabrik hingga jika memang perlu dilakukan akan dieksekusi bersama Dinas Lingkungan Hidup ” ujar Khoirul Huda.

Sebagai pemateri pertama adalah Inganatul Muhimmah, ST,. MT. dari Dinas Lingkungan Hidup, menyampaikan bahwa seluruh lini masyarakat mempunyai hak dan kewajiban untuk mengawasi serta memberikan aduan ketika ada permasalahan terkait Industri-industri pabrik yang berdiri di lingkungan sekitarnya.

” Dinas Lingkungan Hidup serta Pemerintah Kabupaten akan terus ikut mengawasi jalannya Pabrik-pabrik yang sudah berdiri dengan aturan-aturan yang berlaku, terutama terkait permasalah AMDAL, UKL serta UPL” , ungkap Inganatul Muhimmah saat menyampaikan materi pelatihan.

TITAH ALAM pun juga berfokus untuk menjaga kelestarian budaya yang mana itu adalah tonggak penting suatu wilayah menjadi kawasan yang kuat secara kultural maupun ekonomi. Melalui Sekolah Alam dan Budaya yang juga di Launching dalam pada acara pelatihan tersebut, bersamaan dengan acara itu Khoirul Huda menyampaikan bahwa TITAH ALAM akan membuat basecamp di Sambeng, dengan adanya itu diharapkan tanggapan yang responsif dari masyarakat terkhusus yang telah mengikuti pelatihan pada kali ini.

Untuk menyempurnakan pembahasan dari pelatihan ini, pemateri yang turun hadir yaitu Priyono selaku Peneliti Lingkungan dan Budaya. Dirinya menambahkan bahwa budaya yang ada di masyarakat harus tetap dijaga keutuhannya serta dari hasil eksplorasi yang telah dilakukannya menyimpulkan bahwa di Lamongan Sektor Selatan mempunyai potensi yang besar untuk dijadikan lahan kearifan budaya serta menjaga keseimbangan ekonomi di Lamongan Selatan.

” Sangat penting ketika kita menjaga tradisi budaya-budaya nenek moyang kita, terutama wilayah dari Selatan, Modo dan Sambeng. Yang masih sangat kuat kultur dan tradisi nya serta mempunyai potensi yang besar untuk wilayah hutan dan alam nya, wajib dijaga bersama bersama kelestariannya” , terang Priyono dalam penyampaian nya pada peserta. (F2/YG)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

13 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

14 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago