Katir Rice Merupakan Pelestarian Sejarah Nenek Moyang Warga Pulau Laut Kepulauan

Daerah296 views

KOTABARU,kabarone.com- Dengan tujuan mengenang nenek moyang zaman dulu yang menggunakan perahu layar untuk merantau Pulau Kerayaan, kini warga setempat sudah menjadikan momen tahunan ditiap bulan Agustus, warga Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru menggelar lomba perahu katir (Katir Race), Minggu 30/8/2020.

Selain itu, lomba tersebut juga selaras dengan visi- misi Bupati diantaranya memajukan agrobisnis dan pariwisata.

Dalam acara itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi anggota DPRD dan Kepala SKPD untuk membuka lomba perahu katir rice tahun 2020 ditandai dengan tembakan keudara disaksikan Forkopimca dan undangan.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan, kita perlu mendukung acara ini sebab merupakan pelestarian sejarah nenek moyang jaman dulu dan jangan sampai anak- anak nanti tidak mengetahui asal lomba katir race, ucap Bupati.

Bupati juga mengungkapkan, bahwa katir race tersebut tidak ada di Kabupaten lain di Kalimantan Selatan sehingga hal itu menjadi daya tarik wisatawan luar untuk berkunjung ke Kotabaru dan otomatis akan bisa meningkatkan perekonomian warga.

Selain itu, Bupati juga menginginkan acara event budaya ini dikemas dengan baik dan lebih besar lagi dilaksanakan oleh warga tiga wilyah yaitu, Kerayaan, Kerasian, dan Kerumputan agar bisa lebih dikenal diseluruh Indonesia.

  • Lomba perahu katir race ini dibagi dua kategori yaitu, perahu katir besar sebanyak 12 peserta dan kategori perahu katir kecil sebanyak 9 peserta, dengan rute start dari pulau kerayaan kemudian mengelilingi Pulau Kerasian dan finish kembali di Pulau Kerayaan.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *