Categories: Daerah

Katir Rice Merupakan Pelestarian Sejarah Nenek Moyang Warga Pulau Laut Kepulauan

KOTABARU,kabarone.com- Dengan tujuan mengenang nenek moyang zaman dulu yang menggunakan perahu layar untuk merantau Pulau Kerayaan, kini warga setempat sudah menjadikan momen tahunan ditiap bulan Agustus, warga Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru menggelar lomba perahu katir (Katir Race), Minggu 30/8/2020.

Selain itu, lomba tersebut juga selaras dengan visi- misi Bupati diantaranya memajukan agrobisnis dan pariwisata.

Dalam acara itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi anggota DPRD dan Kepala SKPD untuk membuka lomba perahu katir rice tahun 2020 ditandai dengan tembakan keudara disaksikan Forkopimca dan undangan.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan, kita perlu mendukung acara ini sebab merupakan pelestarian sejarah nenek moyang jaman dulu dan jangan sampai anak- anak nanti tidak mengetahui asal lomba katir race, ucap Bupati.

Bupati juga mengungkapkan, bahwa katir race tersebut tidak ada di Kabupaten lain di Kalimantan Selatan sehingga hal itu menjadi daya tarik wisatawan luar untuk berkunjung ke Kotabaru dan otomatis akan bisa meningkatkan perekonomian warga.

Selain itu, Bupati juga menginginkan acara event budaya ini dikemas dengan baik dan lebih besar lagi dilaksanakan oleh warga tiga wilyah yaitu, Kerayaan, Kerasian, dan Kerumputan agar bisa lebih dikenal diseluruh Indonesia.

  • Lomba perahu katir race ini dibagi dua kategori yaitu, perahu katir besar sebanyak 12 peserta dan kategori perahu katir kecil sebanyak 9 peserta, dengan rute start dari pulau kerayaan kemudian mengelilingi Pulau Kerasian dan finish kembali di Pulau Kerayaan.(Hrp)
Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Antusiasme Masyarakat Membludak! Ruang Merdeka Gelar Lapak Gratis di Kenjeran

SURABAYA, kabarOne.com- – Ruang Merdeka kembali mengadakan kegiatan lapak gratis yang kali ini bertempat di…

9 hours ago

Bawas MA Diminta Periksa Hakim PN Jakut Dugaan Pelanggaran Perundang Undangan dan Kode Etik Hakim

Jakarta ,Kabarone.com,-Ketua Badan Pengawasan Mahkamah Agung (Bawas MA), Hakim Pengawas Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta dan…

9 hours ago

Chairil Anwar; Operasi Sisir PBB- P2 Bantu Warga Yang Jauh Dari Perkotaan

KOTABARU,kabarOne.com- Bapenda Kotabaru melaksanakan kegiatan Operasi sisir PBB-P 2 di tiap Kecamatan salah satunya di…

21 hours ago

Dibuka Jalur Mandiri, UKT dan IPI 2024 Unnes Tidak Naik

SEMARANG,kabarone.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka kesempatan calon mahasiswa untuk bergabung melalui Seleksi Mandiri…

23 hours ago

Kapolres Kotabaru Serahkan Bantuan Kursi Roda, Ini Apresiasi Anggota DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Sebagai bentuk kepedulian dan wujud empati jajaran Polres Kotabaru dalam menyambut moment Hari Bhayangkara…

23 hours ago

Dorong Sumsel Lumbung Pangan, MMN Sumsel Gelar Latihan Kepemimpinan dan LDO

Palembang ,Kabar One.com- Maritim Muda Nusantara Sumatera Selatan sukses menggelar Seminar Kepemimpinan dan Latihan Dasar…

1 day ago