Eksavator “Misterius” Gasak Hutan Bakau Mengkubung, Warga Jadi Resah

Daerah513 views

Belinyu, Kabarone.com – Aktifitas pembukaan lahan dengan cara merusak kawasan hutan bakau menggunakan 1 unit eksavator merek Hitachi warna oranye dengan luasan yang telah digasak sekitar 2 hektar lebih, di wilayah RT Bukit Tulang, Dusun Mengkubung, Desa Riding Panjang, Kabupaten Bangka membuat warga setempat resah. Pasalnya rimbunan hutan bakau yang dirusak merupakan habitat satwa air payau, sebagian satwa tersebut seperti udang, kepiting dan kerang merupakan jenis yang menjadi sumber mata pencaharian nelayan.

Lagi pula kawasan hutan bakau yang dirusak, masih termasuk sempadan Sungai Kajut, berjarak kira – kira 50 meter dari aliran sungai. “Jaraknya sekitar 50 meter dari aliran Sungai Kajut, kawasan ini adalah tempat nelayan mencari aneka ikan, udang, kepiting dan kerang, “kata seorang warga yang minta anonim. Masih menurut keterangan warga tersebut, yang mengaku memiliki lokasi hutan bakau tempat eksavator beraktifitas adalah inisial Im yang membeli dari Bg, sedang eksavator dimiliki seorang pengusaha terkenal Belinyu yaitu S.

Terkait kegiatan itu, pihak perangkat Desa Riding Panjang mengaku tidak tahu-menahu. Hal itu sebagai mana pengakuan Kepala Dusun Mengkubung, yaitu Rahman ketika dikonfirmasi pada Selasa (29/9). “Saya tidak tahu ada penggarapan lahan yang dimaksud, “katanya. Demikian pula saat ditanya apakah pihak penggarap memberitahu pihak dusun maupun desa sebelum mendatangkan eksavator, sekali lagi Rahman mengaku tidak tahu.

Senada dikatakan Kades Riding Panjang, Surya Darma yang dihubungi via sambungan. Menurutnya pihak yang menggarap tidak ada mengajukan atau memberitahukan kepada Pemerintah Desa.Riding Panjang. Terkait persoalan itu pihaknya akan menyurati yang bersangkutan. Demikian pula BPD akan diminta untuk turun kelokasi. “Akan kami kirimi surat, dan BPD juga dilibatkan untuk turun kelokasi, “katanya. (Shd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *