SMA Negeri 1 Kelumpang Utara Kembangkan Aquaponik Di Sekolah

Daerah881 views

KOTABARU,kabarone.com- SMA Negeri 1 Kelumpang Utara mengembangkan aquaponik di sekolah, aquaponik adalah merupakan alternatif dalam menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah.

Adapun tanaman yang cocok di tanam dengan media aquaponik seperti bayam, sawi, selada dan beberapa lagi lainya.

Nasri, S. Pd. Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kelumpang Utara Jum’at 9/10/2020 mengatakan, program aquaponik di sekolah ini merupakan bantuan atau binaan dari PT. Arutmin Indonesia Senakin di akhir tahun 2019.

Dengan adanya program aquaponik di sekolah, pertama menambah keindahan sekolah, kedua para siswa bisa belajar untuk beternak ikan nila dan bertanam sayuran seperti pakcoy, selada dan lain-lain, ketiga hasilnya bisa dinikmati oleh semua murid yang ada sekolah, ujar Nasri.

Kata Nasri, rencananya nanti SMA Negeri 1 Kelumpang Utara juga akan mendapatkan bantuan lagi dari PT. Arutmin berupa lalat BSF atau Magot yang nantinya di kembangkan dan di budidayakan di sekolah ini.pp

Sementara Supervisor CD PT. Arutmin Indonesia Senakin Yogi Swara Putra Mendra, S.T, mengatakan, sekolah merupakan tempat potensial untuk mensosialisasikan pentingnya suatu teknologi ramah lingkungan yang mampu meningkatkan nilai ekonomi suatu barang.

SMA Negeri 1 Kelumpang Utara terpilih menjadi rekan bersama PT. Arutmin Indonesia untuk mengembangkan percontohan aquaponik di sekolah.

Dengan usaha dan semangat para guru serta siswa, sekolah SMA Negeri 1 Kelumpang Utara berhasil melakukan beberapa kali panen sayuran dan ikan nila.

Tentunya informasi pengembangan teknologi aquaponik ini akan tersebar ke Desa-desa yang ada di Kecamatan Kelumpang Utara, ujar Yogi.

Saya berharap proyek aquaponik yang merupakan bagian dari program sekolah ramah lingkungan ini dapat menjadi solusi untuk peningkatan ekonomi masyarakat di tingkat Desa melalui kegiatan yang di kelola oleh Karang Taruna, Bumdes, Koperasi dan lainya, tutupnya.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *