Cuaca Ekstrim, KSOP Sungailiat Himbau Kapal Utamakan Keselamatan Berlayar

Regional463 views

Sungailiat, Kabarone.com – Kepala Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam Wilayah Kerja (Wilker) Sungailiat, Kabupaten Bangka, dari Kementerian Perhubungan RI Direktorat Jendral Perhubungan Laut yaitu Oktaviansyah, mengatakan salah satu fungsi dan tugas KSOP adalah keselamatan berlayar bagi kapal – kapal. Hal itu dikatakan Okta saat ditemui tim wartawan, Jum’at (11/12/2020) dikantornya.

Himbauan itu terkait dengan cuaca ekstrem yang melanda perairan laut Babel saat ini, dimana selain angin kencang, juga ketinggian ombak bisa mencapai diatas 5 meter atau lebih. “Dihimbau bagi kapal-kapal yang melakukan pelayaran agar memperhatikan cuaca mengingat cuaca akhir-akhir ini sangatlah extrim, “katanya.

Okta meminta agar kapal yang berlayar untuk memastikan alat keselamatan dan kenavigasian kapal tersedia dan berfungsi. “Pastikan alat-alat keselamatan dan alat -alat kenavigasian kapal tersebut seperti life raft, life jacket dan alat pemadam diatas kapal dalam kondisi baik dan dapat difungsikan , “jelasnya.

Dengan diperhatikan persoalan itu oleh setiap kapal yang berlayar, Okta berharap keselamatan kapal dapat terjamin sehingga kecelakaan kapal dalam berlayar dapat diminimalisir, “agar kapal yang berlayar, utamakan keselamatan, no accident, “ujar Okta. (Suhardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *