Kembangkan Ekonomi Masyarakat, Lebah Kelulut Jadi Pilihan Potensial

headline558 views

KOTABARU,kabarone.com- PT Arutmin Indonesia NPLCT Tanjung Pemancingan menggelar pelatihan lebah kelulut kepada masyarakat di Desa sekitar operasional, Selasa lalu.

Pelatihan budidaya lebah madu kelulut Trigona ini menjadi salah satu pilihan dari perusahaan dalam mengembangkan perekonomian masyarakat, dengan menggandeng kelompok Tani Hutan Tunas Harapan Bersama.

Pelatihan ini dihadiri perwakilan dari Desa Sigam, Desa Tirawan Desa Sarang Tiung dan Desa Gedambaan yang mana merupakan Desa binaan PT Arutmin Indonesia NPLCT, dan dalam kegiatan tersebut jumlah peserta tetap dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan.

Pelatihan budidaya lebah jenis kelulut/kelanceng (bahasa latinya Trigona) dilakukan karena prospek pasar yang sangat baik untuk pemasaran produksi madu dan juga dalam proses pembudidayaan jenis ini memiliki kemudahan diantaranya tidak memerlukan peralatan khusus, dan juga tidak perlu takut disengat.

Selain itu juga karena mudah dalam pengembangan koloni, produktivitas propolis bisa lebih tinggi, tahan hama penyakit, serta dapat dipanen sepanjang waktu dan madu yang dihasilkan lebah trigona adalah madu super.

Karena kualitas madunya jauh diatas jenis lebah lainnya karena lebah kecil yang tidak memiliki sengat ini tidak hanya menghasilkan madu, tetapi juga propolis yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

Supervisor CDEA Arutmin Indonesia NPLCT Tanjung Pemancingan, Kamis 31/12/2020 Yogi Swara Putra Mendra, S.T mengatakan, pelatihan budidaya lebah kelulut ini di harapkan dapatkan menjadi salah satu pilihan potensial untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Pulau Laut.

Melihat bentang alam pegunungan yang masih terjaga dan pesisir pantai merupakan suatu aset sumber makanan bagi lebah kelulut, ujar Yogi.

Kata Yogi, jenis lebah kelulut yang kami kembangkan adalah jenis kelulut trigona yang merupakan lebah yang dapat menghasilkan madu dalam jumlah berlimpah, saya optimis ini akan berkembang karena madu yang di hasilkan memiliki rasa yang khas dan segar, ungkapnya.

sebagai bagian dari program CSR perusahaan selalu melirik peluang-peluang yang berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kami berharap peserta pelatihan dapat menularkan ilmu yang sudah didapatkannya kepada masyarakat lainnya, tutupnya.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *