Tingkatkan Kemandirian Sosial Bidang Keagamaan, Empat Madrasah Terima Bantuan Usaha Dari Arutmin

Nasional602 views

KOTABARU, kabarone.com- Sebagai salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia, PT Arutmin menjalankan bisnisnya dengan menerapkan good mining practices (praktik pertambangan yang baik dan benar), Lewat praktik ini selain menjaga lingkungan di area sekitar tambang, PT Arutmin juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya di bidang sosial keagamaan.

Salah satu contoh komitmen nyata PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin untuk meningkatkan kemandirian madrasah.

Sementara pengelola Madrasah Hayatus Syar’iyyah Desa Sebuli, Muhammad Arbain, Rabu 17/3/2021 menyampaikan rasa syukur atas bantuan usaha penggilingan padi yang diberikan oleh PT. Arutmin Senakin.

Dia berharap bantuan ini dapat di manfaatkan dengan baik oleh kami pihak pengelola, khususnya untuk meningkatkan pendapatan operasional madrasah.

Saya sangat optimis bahwa usaha penggilingan padi ini menjanjikan keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan madrasah, paparnya.

Dia juga ingin agar terus mendapat pembinaan dari Arutmin dalam hal pengelolaan usaha penggilingan padi ini untuk siklus berikutnya agar hasilnya bisa lebih maksimal lagi ke depannya.

Sementara Superintendent Adm La dan EACD Andi Alvhian Noor melalui CD Officer, Ferry Ariadi Wardhany mengatakan, PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin memberikan bantuan seperti usaha penggilingan padi yang di kelola oleh Madrasah Hayatus Syar’iyyah Desa Sebuli dan tiga Madrasah lainya.

Kata Ferry, adanya Madrasah Mandiri ini agar aktivitas madrasah dalam melakukan proses pelaksanaan pembelajaran di madrasah dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga tercipta madrasah yang mandiri yang merupakan implementasi visi dan misi perusahaan untuk menunjang kemandirian madrasah dan masyarakat lingkar tambang.

Diharapkan dengan adanya usaha madrasah ini, perputaran ekonomi di Desa Sebuli dan tiga Desa lainya dapat meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat dapat lebih baik lagi, serta semangat masyarakat dalam memanfaatkan atau mengelola lahannya untuk usaha pertanian sebagai sarana pemenuhan kebutuhan akan “Ketahanan Pangan” dapat lebih baik lagi, ujarnya.

Di jelaskan Ferry, Program Madrasah Mandiri PT Arutmin berjalan sejak tahun 2020, dengan membekali pihak sekolah usaha, seperti usaha penggilingan padi yang di kelola oleh Madrasah Hayatus Syar’iyyah Desa Sebuli, usaha bebek Petelor yang di kelola oleh Madrasah Hidayatul Ilmi Desa Geromggang Kecamatan Kelumpang Tengah, usaha penggilingan padi yang di kelola oleh Madrasah Sullamul Ulum Desa Mangga dan air minum isi ulang sistem RO (reverse osmosis) yang di kelola oleh Madrasah Nurul Iman Desa Wilas Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru, yang mana ke empat usaha tersebut merupakan dari program PPM PT Arutmin Senakin, tutupnya.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *