Daerah

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Arutmin Resmikan Pesantren Ramadhan

KOTABARU,kabarone.com- PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin resmikan pesantren ramadhan untuk masyarakat lingkar tambang di demplot P4T ( pusat pelatihan dan pengembangan pertanian terpadu ) di Desa Tamiang Bakung Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Rabu 31/3/2021.

Pesantren Ramadhan Arutmin Senakin adalah salah satu program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bidang sosial keagamaan.

Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Senakin Dedi Heriyanto mengatakan, melalui program pesantren Ramadhan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan hapalan Al Qur’an para generasi muda lingkar tambang yang penting untuk peningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan Rasulullah Saw.

Program ini di rancang dengan sistem pembelajaran penuh setiap hari, peserta diwajibkan menginap di lokasi pendidikan (Demplot Dahlia) selama sekitar satu bulan, ujar Dedi.

Dan melalui sistem ini di harapkan semua peserta bisa lebih berkonsentrasi dengan pelajaran agar hasilnya lebih maksimal dengan target setidaknya hapal juz 30.

Tambahnya lagi, selain pelajaran Al-Qur’an, peserta juga akan diberikan tambahan pelajaran Fiqih dan Tauhid serta pengetahuan praktis tentang pertanian dan peternakan, yang kebetulan lokasi pesantren ramadhan ini berada di Demplot Dahlia yang merupakan program percontohan, baik itu peternakan maupun pertanian.

Kata Dedi, Alhamdulillah kami sangat bersyukur dalam ramadhan kali ini bisa meresmikan Pesantren Ramadhan dengan harapan bisa diisi oleh adik- adik selaku santri pesantren untuk bisa menambah hapalan- hapalan Al-Qur’an nya, kami harapkan minimal satu juz, di juz 30 bisa hapal.

Ini juga merupakan perdana dari Arutmin Senakin untuk bisa terus untuk meningkatkan kemampuan ataupun ke ahlian pelajaran agama di sekitar Tambang Senakin, meski sebetulnya sudah cukup banyak pesantren-pesantren yang sudah lebih lengkap dari pesantren ramadhan ini, cuma kami dari PT Arutmin Indonesia hanya sekedar untuk mengisi apa yang bisa kami upayakan, setidaknya untuk hapalan- hapalan.

Sementara untuk ilmu yang lengkap tentunya lebih baik di pesantren-pesantren yang sudah ada, tapi kami tetap terus minta wejangan atau arahan dari guru-guru, pak Kades dan pak Camat untuk ke depannya seperti apa, paparnya.

Kepala Desa Tamiang Bakung M. Jainudin mengucapkan terimakasih kepada PT Arutmin Indonesia yang sudah menyediakan dan meresmikan Pesantren Ramadhan secara gratis untuk warga lingkar tambang Senakin.

Saya berharap kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahunnya dan terus ada penambahan untuk daya tampung para santri agar bisa lebih banyak lagi pesertanya, karena saat ini masih terbatas dan peminat untuk mengikuti pesantren ini masih banyak, ungkapnya.

Sementara Camat Kelumpang Tengah melalui Kasi Kemasyarakatan Dan Lingkungan, H. Johansyah, S.Sos, M.IP mengatakan, saya berharap kepada santri- santri selama pelaksanaan pesantren ramadhan ini tentunya ada ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat bisa menjadi pedoman sehari-hari.

Dan yang mengikuti ini bisa mengamalkan dan dilaksanakan untuk kehidupan sehari-hari, syukur- syukur bisa membawa nama baik wilayah seputar lingkar tambang Senakin dan lebih umum lagi untuk Kecamatan Kelumpang Tengah.

Peresmian pesantren ramadhan di tandai dengan pengguntingan pita oleh Guru Muhammad Thohir Pimpinan Pesantren Nururrabi Desa Tanjung Batu, didampingi Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Senakin, kasi kemasyarakatan dan lingkungan, Kepala Desa Tamiang Bakung dan tokoh agama.(HRB)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

8 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

9 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago