Satuan Kerja Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Canangkan WBK WBBM

Hukum381 views

Jakarta, Kabarone.com -Wakil Jaksa Agung RI, Setia Untung Arimuladi mengatakan Bertepatan dengan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan telah menandatangani Komitmen Bersama pencanangan pembangunan menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), dan berharap bahwa Penandatangan Komitmen Bersama ini jangan dianggap sebagai acara seremonial saja, akan tetapi ini menunjukkan wujud nyata sumpah dan janji dengan diri sendiri, yang dilakukan oleh saudara-saudara yang siap untuk melakukan perubahan. Katanya.

“Pelaksanaan pembangunan zona integritas jangan dipandang sebagai beban atau keterpaksaan Aparatur Sipil Negara, dalam hal ini jajaran Bidang Pembinaan untuk meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), melainkan pembangunan zona integritas dapat menjadi budaya yang terbangun dengan sendirinya atas dasar kesadaran dan keikhlasan seluruh jajaran Bidang Pembinaan,” ujarnya saat memberikan pengarahan pada Acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan di Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Jumat (9/4) yang lalu.

Satuan kerja (Satker) pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan (Jambin) Kejaksaan Agung bertekad untuk meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Sebelumnya, Bidang Intelijen dibawah pimpinan DR Sunarta selaku Jkasa Agung Muda Intelijen, telah terlebih dahulu mencanangkan zona WBK dan WBBM dilingkunangan kerjanya.

“Tekad tersebut harus diwujudkan dengan prilaku nyata guna perubahan yang lebih baik dalam mewujudkan good and clean government, yang transparan, bersih serta bebas dari KKN,” kata Wakil Jaksa Agung, saat memberikan pengarahan pada acara pencanangan pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM di satuan kerja (Sakter) Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin), di Jakarta, Jumat (09/4/2021).

Wakil jaksa Agung menyatakan, halangan terbesar untuk berubah terletak di dalam diri sendiri dan saudaralah sang penguasa atas diri sendiri.

“Jangan biarkan masa lalu menumpukkan asa dan melayukan semangat kita.Perubahan pasti terjadi… karena yang abadi di dunia ini adalah perubahan. Change or die,” katanya. Senin (12/4)2021.

Wakil Jaksa Agung RI menyampaikan, bahwa membangun budaya hukum merupakan bagian dari upaya nation character-building. Budaya hukum adalah nilai-nilai, sikap serta perilaku manusia dalam kehidupan. Oleh karenanya hukum dan budaya hukum tidak dapat dilepaskan dari proses transformasi menuju masyarakat modern-industrial berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

“Saya berikan contoh hal kecil dan ini bisa dijadikan ukuran dan parameter apakah kita semua benar benar “ber-komitmen” untuk melakukan perubahan, misalnya apakah kita sepakat untuk tidak terlambat masuk kantor, tidak masuk kantor tanpa alasan, sering minta ijin tidak masuk kantor, bekerja tanpa program kerja, pulang kantor sebelum waktunya, sering meninggalkan kantor tanpa alasan penting dan bekerja tanpa tanggung jawab,” ujarnya.

Seperti dikatakan Wakil Jaksa Agung RI, Setia Untung Arimuladi Pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) menjadi harapan pemerintah untuk semakin tertanam dalam diri Aparatur Sipil Negara (ASN). dalam hal ini aparat Kejaksaan.ujarnya. (**sena).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *