Daerah

Setelah Tahap Pertama Berhasil, SNNU Bangka Kembali Akan Tebar Rumpon Di Pulau Simbang

Bangka, Kabar One.com – Setelah sebelumnya dipenghujung Bulan Mei 2021 pihak Pengurus Cabang Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Kabupaten Bangka telah berhasil menebar cukup banyak rumpon ikan diperairan laut Pulau Simbang, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Maka menindak lanjuti keberhasilan dari kegiatan penyebaran rumpon ikan tahap pertama tersebut, kembali dalam waktu dekat Pengurus Cabang Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) kabupaten Bangka akan melakukan penyebaran rumpon tahap dua, juga di perairan pulau simbang.

Hal itu sebagaimana dikatakan oleh Ketua Pengurus Cabang SNNU Kabupaten Bangka, Lukman, SH pada Kamis (10/6/2021). Menurut Lukman, penyebaran rumpon tahap dua tersebut merupakan program kerja dari SNNU untuk rehabilitasi laut. Pihak SNNU Bangka sendiri akan menyebarkan sekitar 100 rumpon pada tahap kedua ini, sesuai yang ada dalam rencana program kerja.

“Pada tahap kedua ini, kami dari pihak SNNU Bangka akan menebarkan sekitar 100 unit rumpon diperairan Pulau Simbang. Penyebaran rumpon sebanyak itu merupakan program kerja SNNU Bangka dalam upaya untuk merehabilitasi laut, ” katanya.

Dalam kegiatan penyebaran rumpon itu, pihak SNNU Bangka akan menggandeng nelayan. Dimana lokasi titik pemasangan rumpon di Pulau Simbang, semua ditentukan oleh pihak nelayan sendiri. ” Dalam kegiatan penyebaran tahap dua tersebut, kami melibatkan para nelayan. Dimana posisi titik pemasangan rumpon, yang menentukan adalah nelayan sendiri, “papar Lukman.

Dengan banyak tersebarnya rumpon – rumpon yang tak lain adalah karang buatan, maka diharapkan dapat berfungsi sebagai rumah ikan yang baru (fishing ground) bagi nelayan. Dan dengan keberadaan rumpon – rumpon itu, kedepan bisa meningkatkan hasil tangkapan nelayan. “Harapannya dengan adanya rumpon – rumpon itu dapat menjadi rumah ikan yang baru, yang akan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan, “ujar Lukman.

Demikian pula dengan keberadaan rumpon tersebut akan dapat melindungi eko sistem laut pesisir. Apalagi untuk saat ini, nelayan – nelayan yang ada di Kabupaten Bangka pergi melaut sudah jauh. “Keberadaan rumpon – rumpon itu, untuk melindungi eko sistem laut. Apalagi kita tahu, nelayan yang ada di Bangka saat ini, melautnya sudah jauh, “pungkas Lukman. (*/Hardi)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Antusiasme Masyarakat Membludak! Ruang Merdeka Gelar Lapak Gratis di Kenjeran

SURABAYA, kabarOne.com- – Ruang Merdeka kembali mengadakan kegiatan lapak gratis yang kali ini bertempat di…

9 hours ago

Bawas MA Diminta Periksa Hakim PN Jakut Dugaan Pelanggaran Perundang Undangan dan Kode Etik Hakim

Jakarta ,Kabarone.com,-Ketua Badan Pengawasan Mahkamah Agung (Bawas MA), Hakim Pengawas Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta dan…

9 hours ago

Chairil Anwar; Operasi Sisir PBB- P2 Bantu Warga Yang Jauh Dari Perkotaan

KOTABARU,kabarOne.com- Bapenda Kotabaru melaksanakan kegiatan Operasi sisir PBB-P 2 di tiap Kecamatan salah satunya di…

21 hours ago

Dibuka Jalur Mandiri, UKT dan IPI 2024 Unnes Tidak Naik

SEMARANG,kabarone.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka kesempatan calon mahasiswa untuk bergabung melalui Seleksi Mandiri…

23 hours ago

Kapolres Kotabaru Serahkan Bantuan Kursi Roda, Ini Apresiasi Anggota DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Sebagai bentuk kepedulian dan wujud empati jajaran Polres Kotabaru dalam menyambut moment Hari Bhayangkara…

23 hours ago

Dorong Sumsel Lumbung Pangan, MMN Sumsel Gelar Latihan Kepemimpinan dan LDO

Palembang ,Kabar One.com- Maritim Muda Nusantara Sumatera Selatan sukses menggelar Seminar Kepemimpinan dan Latihan Dasar…

1 day ago