Berniat Kembangkan Porang Di Area Kerja, Arutmin Study Banding Ke Kec. Hampang

Daerah338 views

KOTABARU,kabarone.com- Porang kini tengah naik daun, padahal, porang dulunya dianggap tanaman yang tumbuh liar di pekarangan, bahkan di beberapa daerah dianggap sebagai makanan ular (porang tanaman).

Untuk diketahui tanaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor.

Tanaman porang kini mulai banyak ditanam petani di sejumlah daerah seiring meningkatnya permintaan ekspor umbinya.

Pohon porang adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri, di beberapa daerah di Jawa, tanaman porang dikenal dengan nama iles-iles.

Budidaya porang juga terbilang mudah dan murah karena tak memerlukan banyak perlakukan khusus, pohon porang mudah tumbuh dalam berbagai kondisi tanah, bahkan di lahan kritis sekalipun.

Dengan kondisi tersebut, PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin berniat mengembangkan tanaman ini di sekitar area kerja, langkah awal yang dilakukan untuk program ini adalah Study Banding ke Kecamatan Hampang, yang mana saat ini di tempat tersebut tanaman Porang telah dikembangkan oleh petani dan telah tumbuh dengan baik, ujar Syamsir Alam selaku Eksternal Affair Supervisor PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin.

Tambah Syamsir, langkah selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah penanaman Porang dalam skala demplot untuk memastikan kesesuaian tanaman Porang dengan lahan-lahan di sekitar Tambang Senakin.

Setelah semua dianggap layak barulah tanaman ini nantinya diaplikasikan secara luas ke masyarakat, satu hal yang juga terus dipelajari adalah trend harga jual dari produk ini, jangan sampai saat diaplikasikan ke masyarakat ternyata harga jual dari produk ini sudah menurun sehingga petani menjadi rugi.

Semoga program-program pengembangan pertanian yang dicanangkan oleh PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bisa didukung oleh semua stakeholder dan masyarakat agar hasilnya bisa maksimal dan masyakarat bisa mendapatkan manfaat yang lebih nyata dari program-program tersebut, ujarnya.

Sarkani salah satu petani di Desa Geronggang mengatakan, pengembangan budidaya tanaman Porang memiliki prospek cukup cerah dan menjanjikan untuk peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

Saat ini kata Sarkani, petani di sini sangat ingin mengembangkan budi daya tanaman Porang tapi masih terkendala dengan bibit dan sistem perawatan, ungkapnya,(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *