Daerah

Arutmin Serahkan Bantuan Bibit Nila Kekar Untuk Desa Megasari, Dinas Perikanan Siap Lakukan Pendampingan

KOTABARU,kabarone.com- Dukung masyarakat membudidayakan ikan nila kekar, Desa Megasari Kecamatan Pulau Laut Utara terima bantuan 3000 ribu ekor bibit nila kekar dari PT Arutmin Indonesia NPLCT, Minggu 20/6/2021.

Kepala Desa Megasari Ali Mukdin mengatakan, Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Arutmin Indonesia yang telah memberikan bantuan berupa bibit nila kekar untuk perdana di Kotabaru, karena bibit kekar ini tidak ada di Kotabaru, ujar Ali.

Kata Ali, tujuan kami meminta bibit nila ini, karena Desa Megasari ini akan kami jadikan sebagai pembenihan ikan nila kekar yang pertama di Kotabaru, karena selama ini yang kami pelajari Kotabaru selalu mendatangkan benih ikan nila kekar dari luar kota seperti pulau Jawa.

Sekali lagi saya berterima kasih banyak kepada PT Arutmin Indonesia atas dukungan CSR dari Arutmin yang bisa membatu pembibitan ikan nila dgn keadaan Desa Megasari yang sangat berpotensi dari ketersediaan airnya yg melimpah, ungkapnya.

Tanbahnya lagi, harapan kami Desa Megasari ini akan menjadi model Agrowisata perikanan dan pertanian di Kotabaru.

Sementara Supervisor CDEA PT Arutmin NPLCT Yogi Swara PM mengatakan, 3000 ekor anakan Nila Kekar ini merupakan ketegori bibit unggulan yang memang diperuntukkan untuk dijadikan indukan, karena Arutmin NPLCT memiliki impian agar Kotabaru memiliki tempat pembibitan ikan Nila Kekar sehingga nantinya tidak perlu untuk membeli dari luar daerah.

Kata Yogi, kemampuan pertumbuhan yang cepat akan menjadi nilai tambah tersendiri menjadi daya tarik penjualan ikan Nila Kekar, dan Desa Megasari menjadi pilihan untuk sebagai role Project dengan mempertimbangkan adanya irigasi yang sangat mendukung untuk masyarakat untuk membudidayakan ikan nila tersebut sehingga selain untuk ketahanan pangan yang bernilai ekonomi juga sebagai daya tarik wisata yang bersinergi dengan Pertanian dan Para, jelasnya.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Perikanan Kotabaru
Ir. H. Akhmad Asbili melalui Kabid Pemberdayaan Pembudidaya, Sarwani, SPi, MP mengatakan, adanya potensi Desa Megasari untuk pembudidayaan bibit nila kekar sangat mendukung dan kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa untuk mencoba dengan nila jenis yang baru ini.

Kata Sarwani, kami dari Dinas Perikanan Kotabaru siap untuk melakukan pendampingan teknis budidayanya, karena benih nila kekar ini didatangkan dari luar Kotabaru.

Dengan penggunaan bibit ikan nila jenis baru ini di harapakan ada pengembangan budidaya ikan air tawar di Kabupaten Kotabaru sehingga bisa mencukupi untuk kebutuhan ikan air tawar di Kotabaru, harapnya.

Panen ikan nila kekar ini bisa lebih cepat sekitar 4-6 bulan, dan ukuran panen 4-5 ekor per kilogram, tutupnya.(HRB)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

11 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

12 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago