UNG Kembali Jadi Tuan Rumah Pekan Ilmiah Tahunan 2021,

Daerah507 views

Kabarone.com, Gorontalo- Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Ilmiah Tahunan (PIT) Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia (PERHIMAGI) Regional Sulawesi – Kalimantan Tahun 2021, dengan Tema “Sulawesi Candramawa: Antara Megathrust dan Potensi Sumber Daya Geologi Sulawesi”.

Kegiatan PIT 2021 yang digagas oleh Mahasiswa UNG Fakultas MIPA Geologi ini dilaksanakan di Gedung Auditorium UNG, dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Prof. Karmila Machmud, secara virtual.
Ketua Panitia, Mitha Podungge mengungkapkan, meskipun di masa Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat generasi muda untuk terus berkarya.

“Kami juga masih peduli terhadap kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penularan COVID-19, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dipastikan mengikuti protokol kesehatan secara ketat,” kata Mita, Senin (12/7/2021).

Mita pun menghimbau kepada seluruh Mahasiswa dan masyarakat Gorontalo untuk mematuhi protokol kesehatan dan ikut mendukung kebijakan pemerintah.

“Kami mengajak seluruh mahasiswa dan masyarakat baik itu melalui sosmed maupun tatap muka untuk patuh dan taat dalam menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, serta rajin mencuci tangan sesering mungkin,” pinta Mita.

Pelaksanaan kegiatan PIT 2021 ini menghadirkan Narasumber yang juga Pakar Geologi, Dr. Aang Panji Permana.
Menurut Dr. Aang, dengan adanya kegiatan ini para Mahasiswa Jurusan Geologi dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana mitigasi terjadinya bencana alam.

“InsyaAllah dengan adanya kajian langsung dari pakarnya akan memberikan wawasan, termasuk bagaimana potensi-potensi bencana alam yang ada di Gorontalo,” ucapnya.

Selain itu, Aang juga menjelaskan, dengan melihat kondisi geologi regional, maka Mahasiswa dapat melihat apa saja yang dapat meningkatkan pendapatan ekonomi di Provinsi Gorontalo.

Untuk itu, melalui kegiatan PIT dirinya berharap dapat menghasilkan penelitian geologi baik dari segi dampak maupun potensi yang dimiliki Mahasiswa.

“Semoga adanya kegiatan ini mampu memberikan wawasan kepada para Mahasiswa, bagaimana memitigasi masyarakat terkait dampak ataupun sumber daya yang dimiliki,” pungkasnya.

Dari informasi yang diterima awak media ini, kegiatan PIT 2021 ini akan dilangsungkan selama 5 hari, mulai Senin (12/7) hingga pada, Jum’at (16/7). Selain itu, PIT 2021 digelar sekaligus dengan Musyawarah Besar Nasional Anggota (Munasa) ke XVII PERHIMAGI 2021, untuk menentukan kepengurusan baru PERHIMAGI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *