Dosen FTI Unisbank Kembangkan Pembelajaran Berbasis Android

Ragam367 views

SEMARANG,kabarone.com- Era pandemi covid -19 membawa perubahan tatanan ekonomi masyarakat.Termasuk proses pembelajaran masyarakat.

Meski demikian, kondisi ini tidak menyurutkan sedikitpun semangat pengabdian Tim Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank (FTI Unisbank) Semarang.

Seperti halnya yang dilakukan beberapa dosen FTI Unisbank yakni mengembangkan Pembelajaran Berbasis Android di Taman Pintar Tunas Bangsa Gedongsongo RT 03 RW 01 Kelurahan Manyaran, Semarang baru baru ini.

Para pengajar di kampus Unisbank tersebut melalui dukungan pendanaan oleh Pemerintah atau Dirjen Dikti lewat program kemitraan masyarakat berupaya memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat.

Dr. Aji Supriyanto, S.T., M.Kom selaku ketua program pengabdian masyarakat mengatakan, pihaknya menyelenggarakan sosialisasi dan penyuluhan, pelatihan, serta pendampingan.

“Sosialisasi dan penyuluhan dilakukan dalam sistem pembelajaran masyarakat terutama pada PAUD dan pengunjung perpustakaan berbasis IT Android, ” katanya.

Aji menambahkan, Pelatihan diberikan pada Guru PAUD dalam memberikan materi pembelajaran dan permainan edukatif dengan menggunakan perangkat Android TV multimedia dengan koneksi internet.

Selain itu sesi pelatihan juga dibekali materi animasi sederhana pada Guru PAUD. Sedangkan kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan ketika melakukan instalasi perangkat Smart TV berbasis Android dan perangkat audio yang dapat terkoneksi dengan komputer, internet, dan smartphone.

Aji menguraikan, materi multimedia sederhana difokuskan pada pembuatan animasi sederhana dengan menggabungkan gerakan teks, gambar, dan suara. ” Dengan metode pembelajaran seperti ini akan membuat anak betah belajar dan tak membosankan,” tandas dia (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *