Binaan KPwBI Lhokseumawe Ekspor Kopi Gayo ke 4 Negara

Daerah279 views

Lhokseumawe, Kabar One – Kelompok Tani Sara Tangke yang merupakan binaan KPwBI Lhokseumawe secara resmi melakukan pelepasan ekspor kopi ke empat negara yang terdiri dari London, Jepang, Malaysia, dan Taiwan.

Pelepasan ekpor ini langsung dilakukan oleh Bupati Aceh Tengah Sabela Abubakar, dan Kepala KPwBI Lhokseumawe serta disaksikan oleh bapak Kapolres Aceh Tengah dan Seluruh Muspida dan Muspika yang hadir dalam kegiatan ini, Selasa (28/12/2021).

Dalam sambutannya, ketua kelompok tani Sara Tangke, Jemalin, mengatakan ekspor via udara ini merupakan rekor terbesar se-Aceh dan bahkan se-Indonesia dengan muatan mencapai 1,4 ton yang di kirim ke 4 negara sekaligus. Jemalin juga mengucapkan terimakasih atas kolaborasi Pemda Aceh Tengah dan KPwBI Lhokseumawe yang telah membina kelompok kami hampir 4 tahun, sehingga keberhasilan ekspor ini dapat dilaksanakan.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe Yukon Afrinaldo, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada kelompok tani Sara Tangke atas pencapaiannya melakukan ekspor terbesar via kargo udara ke 4 negara langsung serta mengharapkan kepada kelompok tani Sara Tangke agar terus mempertahankan kopi organiknya sehingga menjadi kopi primadona di manca negara.

Bupati Aceh Tengah, Sabela Abubakar, juga menyampaikan terimakasih dan rasa syukur atas upaya KPwBI Lhokseumawe dan kelompok tani Sara Tangke sehingga mampu mencapai prestasi ini.

Seraya menambahakn, BI telah banyak melakukan kolaborasi dan pengembangan ekonomi di Aceh Tengah di antaranya pengembangan pertanian, ekspor kopi, dan pengembangan pariwisata. Kami mengharapkan agar kerjasama ini terus berlanjut sehingga kolaborasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Aceh Tengah bahkan di luar Aceh Tengah.

Mengingat tingginya standar kualitas Jepang dalam melakukan impor, diharapkan kelompok tani Sara Tangke dapat melakukan ekspor ke negara lain sehingga Aceh Tengah dapat mendunia dan kopi Gayo dapat memberikan manfaat bagi penduduk di wilayah asalnya.(*fadhil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *