Kejaksaan Agung Periksa Saksi Kasus Pelanggaran HAM Berat Peristiwa Pania Provinsi Papua

Hukum364 views

Jakarta Kabarone.com,-Penyidik Direktorat pelanggaran HAM Berat pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung, telah melakukan pemeriksaan terhadap 2 orang saksi terkait dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Berat dalam peristiwa di daerah Paniai Provinsi Papua yang terjadi pada tahun 2014.

Pemeriksaan saksi dilakukan sejak Rabu 09 Februari 2022 sampai dengan Kamis 10 Februari 2022. Hal itu dibenarkan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Leonard EB Simanjuntak, dalam rilisnya yang disampaikan pada Wartawan. 

Menurut Kapuspenkum, tanggal 09 Februari 2022 telah dilakukan pemeriksaan terhadap 1 saksi dari pihak Kepolisian RI, untuk menerangkan tentang proses kegiatan tim dan laporan hasil kegiatan tim terpadu Investigasi; Sementara tanggal 10 Februari 2022, juga dilakukan pemeriksaan terhadap satu saksi pihak Kepolisian RI untuk menjelaskan bagaimana peristiwa dugaan pelanggaran HAM Berat, yang terjadi tanggal 7 dan 8 Desember 2014 di Paniai, Provinsi Papua.

“Pemeriksaan terhadap kedua saksi dilakukan di Jakarta dengan melaksanakan Protokol Kesehatan,” ungkap Leonard, 10/2/2022. 

Penulis : P. Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *