PMI Jakarta Utara Berikan Edukasi Kesehatan dan Sosialisasi Donor Darah di SMAN 15 Jakarta

News370 views

Jakarta Kabarone.com,- Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Jakarta Utara, berikan edukasi kesehatan sekaligus sosialisasi pentingnya donor darah terhadap siawa siswi di SMAN 15 Jakarta, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara Kamis (16/6).

Sebanyak 456 siswa, 42 tenaga pendidik (guru), serta sejumlah tenaga kependidikan, mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Jakarta Utara, Pierlita Rini menyampaikan, kegiatan tersebut digelar dengan tujuan memberikan pemahaman tentang kesehatan dan donor darah kepada siswa siswi, tenaga pendidik dan tenaga pendidikan SMAN 15 Jakarta.

“Selama ini, dinilainya belum banyak masyarakat yang memahami teknis dan manfaat donor darah bagi manusia. Kita coba paparkan tahapan mulai dari proses pengambilan darah, pengolahan hingga pemilahan darah hasil donor kepada siswa, serta alur distribusi dan kebutuhan darah di DKI Jakarta,” ucap Pierlita Rini.

Pierlita juga menjelaskan fungsi kesehatan donor darah bagi tubuh. Secara medis, donor darah akan berdampak terhadap kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah dan meminimalisir potensi hipertensi.

“Nyatanya secara medis donor darah sangat baik bagi tubuh. Itu yang kami sampaikan kepada peserta agar mereka mau dan lebih sering berdonor darah,” ujarnya, dalam kegiatan 16/6/2022.

Sementara Kepala SMAN 15 Jakarta, Retno Widiastuti mengapresiasi kehadiran PMI Kota Jakarta Utara yang menanggapi permohonannya untuk menggelar edukasi kesehatan dan donor darah di SMAN 15 Jakarta.

“Rencananya kita akan gelar di awal Juli 2022 nanti. Pastinya juga melibatkan para alumni,” tutup Retno, 16/6/2022.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *