Belasan Ribu Peserta Ikuti Tes SM UNNES Berbasis Komputer Domisili

Daerah277 views

SEMARANG,kabarone.com – Sebanyak 12 ribu lebih peserta Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM UNNES) tahun 2022 mengikuti Tes berbasis komputer dari rumah masing-masing atau berbasis komputer domisili.

Tes berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 19 dan 20 Juli 2022., dimana setiap harinya terdiri 3 sesi yang dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Dalam pelaksanaan tes berbasis komputer kali ini, UNNES memberikan kebijakan kepada para peserta untuk memilih melaksanakan tes berbasis komputer dari rumah.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengatakan bahwa proses seleksi mandiri ini menggunakan tes berbasis komputer dari rumah karena untuk menjaga kesehatan bagi semua pihak dalam masa pandemi sekarang ini.

“Tujuan tes berbasis komputer domisili ini antara lain untuk memberi motivasi para calon mahasiswa dengan literasi teknologinya, dan sekaligus melatih kemandirian. Tes SM UNNES ini juga dilakukan secara fleksibel karena peserta dapat mengikuti ujian di tempat pilihannya dengan pertimbangan kelancaran jaringan internet serta tetap mengikuti SOP yang ditetapkan.” tutur Prof Fathur, Kamis (21/7).

Dirinya mengungkapkan bahwa peserta tes SM UNNES diawasi oleh seorang pengawas yang memantau sekaligus 20 peserta melalui layar monitor komputer. Sebanyak 150 perangkat komputer per sesi disediakan di Gedung UNNES Digital Center yang digunakan oleh panitia untuk mengawasi proses tes UNNES.

“Untuk mengawasi ada tidaknya perjokian tinggal dilihat di layar monitor. Peserta tes yang serius pasti konsentrasi pada layar monitor karena membaca soal di situ, namun apabila kasak kusuk maka pengawas tinggal mematikan sistem pada komputer peserta sehingga soal tes akan terhenti,” ujar Prof Fathur.

Syarat tes SM UNNES ini dalam satu ruang hanya boleh ada satu.

Prof Fathur menambahkan, masing-masing peserta wajib menyediakan laptop, jaringan internet yang stabil dan handphone yang bisa digunakan untuk mendukung aplikasi zoom untuk pengawasan proses, sehingga proses ujian dapat dipastikan berlangsung dengan objektif dan lancar.

Selain itu, soal yang dipakai dalam tes berbasis komputer SM UNNES ini dibuat oleh Tim Pakar materi UNNES.

“Jadi saya pastikan tidak ada soal-soal yang bocor ke peserta,” tandasnya.

Selaras hal itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt mengatakan pelaksanaan tes berbasis komputer SM UNNES dari rumah berjalan lancar dan tidak mengalami kendala yang berarti.

Selian itu, Prof Zaenuri menyampaikan bentuk kesiapan panitia juga sangat baik, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan juga laporan evaluasi tiap sesi.

Pengalaman UNNES dalam menyelenggarakan seleksi berbasis komputer, baik tes UKIN PPG, tes CPNS, UTBK SBMPTN, Seleksi Mandiri setiap tahunnya menjadikan proses ujian dapat dipastikan berlangsung dengan objektif dan lancar. “Kita harapkan Seleksi Mandiri ini dapat menyaring calon mahasiswa UNNES yang berkualitas unggul,” harap Prof Zaenuri.

Diketahui sebelumnya, UNNES juga telah melaksanakan tes berbasis komputer SM di kampus UNNES dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (HMS/AMR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *