Banjir Tak Kunjung Selesai Akibat Saluran Air Yang Tidak Proporsional Dan Penegakan Perda Tak Pernah Terlihat

Daerah295 views

KOTABARU,kabarOne.com- Terkait permasalahan banjir yang sering terjadi ketika curah hujan tinggi, Gewsima Putra Mega Ketua Komisi I DPRD Kotabaru dari Fraksi PDI-P angkat bicara.

Gewsima mengatakan, Kotabaru adalah No 2 se Kalimantan Selatan dalam hal permasalahan bencana alam dari data BPBD Provinsi Kalimantan Selatan.

Artinya perlu adanya perencanaan yang sistematis dalam menanggulangi bencana di Kotabaru, ujarnya, Jum’at 29/7/2022.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sudah menyarankan adanya penelitian tentang kebencanaan di wilayah Kabupaten Kotabaru, mengingat Kotabaru sebagai penyangga IKN nantinya.

Kata Gewsima, setelah saya monitoring ke lapangan untuk mencari dan melihat penyebab banjir yang tak kunjung selesai di wilayah Kotabaru ternyata yang saya temukan adalah saluran air yang tidak proporsional.

Coba perhatikan saja drainase di wilayah Kecamatan Pulau Laut Utara, mulai dari Kantor Capil sampai ke jalan veteran seperti apa, belum lagi drainase yang ada di perumahan.

Selain itu kita bisa mengingat program untuk normaliasi sungai di wilayah Pulau Laut Utara tidak ada lagi dalam berapa tahun ini, sehingga mengakibatkan pendangkalan sungai, seperti di aliran sungai Baharu, Misaya, Gor dan Sungai Taib, paparnya.

Selain normalisasi, penegakan Perda untuk bangunan di pinggir sungai juga tidak pernah terlihat, sehingga sungai tertutupi dengan bangunan rumah.

Dan yang pastinya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan itu merupakan hal yang sangat penting.

Saya berharap APBD 2023 program kerja Pemerintah Daerah ada program penanggulangan bencana alam di wilayah Kotabaru, harap Gewsima.

Sudah saatnya kita menunjukkan sikap mau bekerjasama, saling menunjukkan keterpaduan, baik lintas Pemerintahan maupun sektoral untuk menghadapi banjir secara bersama-sama.

Berbagai komponen harus memiliki tekad dan komitmen yang sama untuk menyelesaikan permasalahan banjir ini, ujar Gewsima mengakhiri.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *