Luar Biasa!..Bantuan Parpol Berkisar 1,7 Miliar dan 10 Juta an ke LSM di Lamongan Sudah Direalisasikan

Hukum233 views

LAMONGAN, Kabar One.com–Apresiasi sangat luar biasa dilakukan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lamongan.

Saat ini dana Bantuan Politik (Banpol) untuk partai politik (Parpol) kurang lebih sekitar Rp 1,7 Miliar dan Rp 10 jutaan ke 20 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Lamongan, kini sudah direalisasikan.

“Dana bantuan politik (Banpol) dari Pemkab Lamongan sudah direalisasikan (dicairkan) untuk masing-masing parpol dan LSM,” ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lamongan, Dianto Hari Wibowo.

“Sudah terealisasi semuanya dan sudah cair untuk Dana Banpol partai politik (Parpol) kurang lebih sekitar Rp 1,7 Miliar diberikan kepada 10 parpol dan Banpol untuk LSM yang ada di Kabupaten Lamongan.

Sedangkan, kata Dianto, kalau Banpol untuk LSM masing-masing mendapatkan dana kisaran Rp 10 jutaan,” kata Diantoketika di konfirmasi oleh awak media pada Rabu (10/08).

Sementara, Dianto menjelaskan, untuk LSM yang mendapatkan dana Banpol tahun 2022 ini yakni ada sebanyak 20 lembaga swadaya masyarakat. Namun demikian, penerimaan Banpol tidaklah sama.

Lebih lajut pada pemberitaan sebelumnya, dalam kegiatan sosialiasi pembinaan ormas dan LSM yang bertajuk “Peran Ormas Dalam Pembangunan Daerah”.

Kegiatan tersebut digelar oleh Bakesbangpol Lamongan di Rays UMM Hotel Malang mulai kemarin hingga hari ini pada Rabu (10/08).

“Sosialisasi pembinaan tersebut sangatlah penting diadakan, menurut dia, paling tidak untuk merefresh kembali terkait bagaimana peran masing-masing lembaga swadaya masyarakat.

Tentunya sesuai dengan pasion great (gaerah yang besar) masing-masing,” ucap Dianto.

Meski demikian, salah satunya juga sebagai upaya untuk mensosialisasikan undang-undang serta tata kelola keormasan dalam rangka menumbuhkembangkan kecintaan terhadap tanah air kita.

“Oleh karena itu, senantiasa membina kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Setidaknya kegiatan ini dapat memberikan gambaran kepada masyarakat agar bersama-sama membantu pemerintah daerah dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Ditambahkan Dianto, sosialisasi sebagai pembinaan tersebut juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan rasa solidaritas, cinta pada tanah air Indonesia dan kegotongroyongan di tengah masyarakat.

Dalam pesannya, Dianto menyampaikan, agar ormas atau LSM memberikan kontribusi positif untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lamongan.

Kendati demikian, berkaitan dengan penggunaan Bansos tentunya sesuai dengan bidang mereka masing-masing. Bisa dalam bentuk pembinaan dan juga kegiatan sosialisasi lainnya.

Dalam penggunaannya, Dianto berekspektasi bahwa bantuan dana hibah tersebut dapat dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin,” pungkasnya.

Terkait kegiatan tersebut mendapatkan tanggapan dari Amin Santoso Ketua Umum Non Government organisation Jaring Pelaksana Antisipasi Keamanan mengatakan,” sangat luar biasa..!data yang di katakan pak Kesbangpol baik Ormas dan LSM ada sekitar 400 lebih.semestinya ada list nama baik organisasi dan lembaga yang masih aktif dan bisa untuk menjadi evaluasi kedepannya pihak Kesbangpol lebih fokus pada pembinaan dan bukan hanya sekedar seremonial saja kegiatan yang di adakan di Kota Malang harus ada azas manfaat,” ujarnya.(klis).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *