Tim Verifikasi ProKlim Tingkat Nasional Tinjau Lingkungan RW 06 Kelapa Gading Timur Jakut

Metropolitan325 views

Jakarta Kabarone.com,- Tim verifikasi lapangan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tingkat Nasional meninjau lokasi pengembangan ProKlim di lingkungan RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, 10/8/2022.

 Tim Verifikator ProKlim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Yadi Suryadi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, tujuan tim datang kesini adalah dalam rangka verifikasi ProKlim di lingkungan RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur.

Oleh karena itu, “kami ingin berdiskusi dan mengklarifikasi berbagai kegiatan yang sudah dilaporkan dalam sistem registri nasional,”  ucapnya. 

Yadi menyampaikan, lokasi ProKlim yang diusulkan dari wilayah DKI Jakarta ada 17 titik dimana satu lokasi untuk kategori Lestari dan 16 lainnya kategori utama termasuk di RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur. 

“Kami akan melihat secara keseluruhan berbagai kegiatan yang telah dilaporkan melalui sistem registri nasional tersebut,” terang Yadi. 

Gerakan pengendalian perubahan iklim berbasis masyarakat diwujudkan dalam berbagai aksi adaptasi dan mitigasi seperti memperbanyak penghijauan, pemanfaatan lahan kosong, pengelolaan sampah, pengendalian penyakit, pengendalian banjir, sistem pertanian terpadu, dan hal lainnya. 

“Untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman, bersih, dan asri itu membutuhkan peran serta dari masyarakat. Hal inilah yang sudah dilakukan oleh masyarakat RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur.

Dengan peguyuban dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan maka RW 06 ini terpilih sebagai lokasi ProKlim unggulan di Kecamatan Kelapa Gading,” ungkap Wakil Camat Kelapa Gading, Rahmat didampingi Lurah Kelapa Gading Timur, Yenny Fisdiyanti. 

Sejumlah kegiatan yang telah dilakukan untuk mendukung ProKlim di lingkungan RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur diantaranya, pembuatan 100 lubang biopori, sumur resapan, pengembangan sistem hidroponik, sedekah minyak jelantah, pengelolaan sampah organik jadi kompos dan eco enzyme dari kulit jeruk dan nanas, gang hijau, dan lain-lain, ucap Rahmat, melalui Komimfotik Jakarta Utara, 10/8/2022.

Penulis : P. Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *