Daerah

PKBM Mitra Dan PKBM Taman Firdaus Kerjasama PT Arutmin Indonesia Kukuhkan Puluhan Peserta Didik Program Paket C

KOTABARU, Kabar One.com-Pendidikan Non Formal Kesetaraan PKBM Mitra dan PKBM Taman Firdaus kerjasama PT Arutmin Indonesia melaksanakan acara Pengukuhan kelulusan dan perpisahan program paket C tahun ajaran 2021- 2022 Kecamatan Kelumpang Tengah dan Kelumpang Utara di Aula Kantor Kecamatan Kelumpang Utara, Selasa 23/8/2022.

Pada tahun 2022 ini PKBM Mitra dan PKBM Taman Firdaus meluluskan peserta didik sebanyak 80 orang, tujuan pelaksanaan acara perpisahan ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur bahwa peserta didik telah menyelesaikan pembelajaran sebagaimana sama halnya dengan Pendidikan formal.

H. Achmad Syuhada, API, MM dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini karena melalui peran PKBM bekerjasama dengan PT Arutmin Indonesia dapat melaksanakan salah satu program pemerintah yaitu penyelenggaraan pendidikan penyetaraan non formal dan Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik.

Pendidikan Kesetaraan atau Non formal yang ditujukan kepada warga negara yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan formal. Pendidikan non formal sendiri menurut Undang Undang dan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan menyatakan bahwa Pendidikan Non Formal adalah Pendidikan jalur Pendidikan di luar Pendidikan Formal yang dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang yang dapat diselenggarakan melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), atau satuan jenis lainnya

Yuliani mewakili Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kotabaru mengatakan, program kesetaraan paket C adalah setara dengan pendidikan formal, kenapa di katakan kesetaraan, karena di akui, artinya bapak ibu yang mempunyai ijazah paket C jangan berkecil hati karena kedudukannya sama dan program paket C ini mempunyai keunggulan tersendiri.

Seperti diketahui bernama sesuai dengan kewenangan undang-undang nomor 23 Tahun 2014 ada kewenangan pendidikan di Kabupaten yaitu ada layanan pendidikan anak usia dini, pendidikan sembilan tahun, dan pendidikan non formal, kelebihan pendidikan non formal di aturan tidak dibatasi oleh usia, ekonomi, latar belakang sosial budaya dan segala macam, ujarnya.

Status kelulusan paket C mempunyai hak yang setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja. Dan tujuan dari pendidikan kesetaraan program paket C secara umum adalah untuk memeratakan, memperluas serta meningkatkan akses jalur Pendidikan.

Bahwa para peserta didik yang lulus pendidikan kesetaraan mempunyai hak sama dan setara dengan pemegang Ijazah Sekolah formal untuk dapat mendaftar pada satuan pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara Syamsir Alam CDEA Supervisor PT Arutmin Indonesia Senakin Mine mengatakan, program paket C harapan nya tetap terus berjalan , karena pendidikan merupakan salah satu program prioritas PT Arutmin Indonesia, karena index pembangunan manusia itu salah satu unsur yang dinilai adalah masalah pendidikan selain ekonomi, kesehatan dan lainnya.

Dari pantauan sementara saat ini masih banyak masyarakat yang mengharapkan program paket C ini terus berlanjut, seandainya berlanjut mungkin tempat pelaksanaanya akan di geser ke Desa yang paling banyak pesertanya, intinya akan kami diskusikan lagi di internal agar program-program pendidikan salah satu nya program paket C ini bisa di laksanakan lagi, harapnya.

Prosesi pengukuhan kelulusan dan perpisahan diawali dengan penampilan tari dari siswi SMAN 1 Kelumpang Utara dan pembacaan puisi kemudian dilanjutkan dengan pengalungan tanda alumni dan penyerahan Iijazah yang dilakukan langsung oleh Camat Kelumpang Utara dan Camat Kelumpang Tengah.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

55 mins ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

13 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

14 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

15 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

17 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

23 hours ago