Hukum

Terima Audiensi Menteri Koperasi dan UKM, Jaksa Agung : Harus ada lembaga khusus untuk mengawasi perkoperasian sampai ke daerah,

Jakarta, Kabarone.com:Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan tata kelola perkoperasian di Indonesia sangat penting sehingga perlu dilakukan pengaturan yang jelas baik mengenai ruang lingkup fungsi dan tugasnya.

Oleh karena tren kejahatan keuangan yang semakin canggih dan modern menyasar ke usaha yang sangat mendasar di masyarakat berupa koperasi, sehingga batasan itu akan memberikan aturan jelas tentang korporasi menjadi koperasi, koperasi menjadi korporasi.

Beberapa kasus yang masuk di Kejaksaan dan melibatkan korban masyarakat sangat sulit sekali pengembalian kerugiannya ke masyarakat.

Untuk itu, harus ada lembaga khusus untuk mengawasi perkoperasian sampai ke daerah, oleh karena kalau mengandalkan dinas koperasi di daerah tidak jalan sehingga mengantisipasi kerugian yang lebih besar di masyarakat, maka pengawasan yang ketat dalam rangka deteksi dini dan antisipatif sangat dibutuhkan.

Jaksa Agung ST Burhanuddin didampingi oleh Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Amir Yanto, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (JAM-Datun) Feri Wibisono, Direktur Tindak Pidana Terhadap Orang dan Harta Benda (Oharda) Agnes Triani, Kepala Pusat Penerangan Hukum Ketut Sumedana, dan Asisten Khusus Jaksa Agung Hendro Dewanto menerima kunjungan audiensi dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Teten Masduki yang didampingi oleh Deputi Bidang Perkoperasian Ahmad Zabadi, Kepala Biro Hukum Henra Saragih, dan Staf Khusus Menteri II Agus Santoso Siaran Pers Nomor .PR 1321/147/K3’kph,3/08/2022 pada Rabu 24 Agustus 2022 Bertempat Dilantai 10 Gedung Menara Kartika Komplek Kejagung .

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI mengatakan koperasi di Indonesia adalah penggerak perekonomian nasional, dimana dari kurang lebih 80 ribu koperasi yang ada di Indonesia, tidak sedikit mengalami permasalahan dari aset dan omsetnya jutaan sampai triliunan.

Permasalahan ini semakin kompleks ketika koperasi berubah menjadi koperasi yang memiliki aset fantastik dan mempunyai berbagai bidang usaha, jadi tidak murni koperasi.

Akhir-akhir ini menjadi tren karena koperasi menjadi sarana yang paling mudah untuk membentuk badan hukum dan mengumpulkan uang masyarakat sehingga tidak sedikit sampai ke penegak hukum terseret kasus pidana.

Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (JAM-Datun) memberikan pandangan terkait kelemahan dari koperasi yang ada selama ini, sifatnya sangat terbuka dan tidak ada batasan usaha, rentan sekali dilakukan kejahatan. Sementara negara belum bisa memberikan jaminan atas kelangsungan usaha dan kerugian yang ditimbulkan anggotanya.

Untuk itu, JAM-Datun siap memberikan legal opinion dalam rangka perbaikan tata kelola perkoperasian sekaligus melakukan pendampingan, pembentukan satgas pembentukan koperasi sehingga kedepan keberadaan koperasi yang sangat dibutuhkan tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang berniat tidak baik yang dapat mengganggu perekonomian masyarakat dan negara.

Audiensi Jaksa Agung dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.(sena).

Redaksi

Recent Posts

Menyemarakan HUT MARI Ke 79 Pagelaran Wayang kulit Catatkan Rekor Muri Ki Dalang Dr Yanto Sampai Luar Negeri

JAKARTA,Kabar One.com : Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 79 Mahkamah Agung RI Tahun…

3 hours ago

.Polres Jakarta Timur Belum Ungkap Dugaan Pembunuhan, Keluarga Korban Minta Kepastian Hukum Ke Kapolri

Jakarta ,Kabarone.com,-Keluarga korban orang hilang meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI) Sulistyo Sigit Prabowo,…

5 hours ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

11 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

24 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

1 day ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

1 day ago