Audit Kasus Stunting Tahap II Tahun 2022, Sebagai Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Daerah222 views

KOTABARU,kabarOne.com- Kegiatan Audit Kasus Stunting Tahap II Tahun 2022 dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Kotabaru Di buka Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, SH sekaligus sebagai ketua Tim percepatan penurunan stunting (TPPS) berlangsung di Oproom Setda Kotabaru, Jum’at 09/12/2022.

Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif selaku Ketua TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya percepatan penurunan stunting, dan diaudit kasus stunting tahap II ini bertujuan untuk melakukan monitoring evaluasi.

Dalam pelaksanaan strategi nasional percepatan penurunan stunting juga disusun rencana aksi nasional melalui pendekatan keluarga beresiko stunting yang mencakup penyediaan data keluarga beresiko stunting.

Pendampingan keluarga beresiko stunting, pendampingan semua calon pengantin/calon pasangan usia subur (PUS), surveilans keluarga beresiko stunting, dan audit kasus stunting, jelasnya.

Selain itu, Diseminasi audit kasus stunting tahap II ini bertujuan, sebagai monitoring dan evaluasi terhadap kasus yang diangkat dalam kasus audit I, kemudian menyepakati rencana tindak lanjut dari kasus audit stunting I yang belum mengalami perubahan resiko.

Wakil Bupati Kotabaru juga menambahkan, bahwa Kabupaten Kotabaru berdasarkan data SSGI tahun 2021 prevalensi masih sebesar 21,8%.

Kepala Dinas P3AP2KB Ir. Sri Sulistyani mengungkapkan, berdasarkan Perpes nomor 72 tahun 2021 tentang upaya percepatan penurunan stunting, dan kegiatan ini sebagai upaya penurunan stunting di Kotabaru.

Kegiatan ini juga berdasarkan Perpes Nomor 72 Tahun 2021 tentang, percepatan penurunan stunting, dan kegiatan ini sebagai upaya pencegahan kasus stunting yang dilaksanakan di 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Laut Siram Desa Baharu Utara Desa Tirawan, dan Kecamatan Pulau Laut Utara Desa Rampa.

Kegiatan ini melibatkan tim pakar antara lain, dokter spesialis kandungan, spesialis anak dan tim auditor gizi, tim ini bersama dengan TTPS tingkat Kecamatan dan Desa turun langsung melihat dan melihat kelompok sasaran yang terdiri dari calon pengantin, calon ibu hamil, ibu nifas (ibu pasca melahirkan), batuta dan balita, ngkapnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru selaku Wakil Ketua TPPS Kotabaru Hj. Fatma Idiana berharap, dengan adanya kegiatan edukasi yang belum diikuti oleh masyarakat dapat lebih dioptimalkan sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting.

Untuk menindaklanjuti program BAAS (Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting) untuk intervensi percepatan penurunan stunting.

Kegiatan ini selain dihadiri Wakil Bupati Kotabaru, juga dihadiri Kasdim 1004 Kotabaru, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kotabaru, Ketua Tim Penggerak PKK dan Stakeholder serta Mitra Kerja Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kotabaru dan Tim TPPS Kotabaru, Direktur RSUD Jaya Sumitra Kotabaru, Kepala Puskesmas Se Kotabaru, Camat Pulau Laut Utara dan Camat Pulau Laut Sigam.(HRB)

By; Diskominfo/ Herpani

Dan perlu diketahui, setelah kegiatan audit kasus stunting tahap II tahun 2022 dioproom , wakil TPPS Kotabaru Hj. Fatma Idiana bersama Tim langsung menindaklanjuti program BAAS ke Desa Tirawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *