OJT, Program Unggulan PT Arutmin Indonesia Untuk Tingkatkan SDM Bagi Masyarakat Lingkar Tambang

Daerah565 views

KOTABARU,kabarOne.com- On the Job Training (OJT) adalah salah satu program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bidang pendidikan yang ditujukan bagi masyarakat khususnya lingkar tambang Senakin.

CDEA Supervisor PT Arutmin Indonesia Senakin Mine Syamsir Alam mengatakan, OJT merupakan program unggulan yang ditujukan untuk lulusan SLTA maupun lulusan perguruan tinggi terutama yang baru menyelesaikan pendidikannya.

Melalui program OJT ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi masyarakat sekitar tambang sekaligus upaya meningkatkan kesempatan mereka untuk diterima bekerja di perusahaan maupun pekerjaan-pekerjaan lainnya yang sesuai.

Kata Syamsir, untuk mengikuti program ini, para peserta harus mengikuti rangkaian seleksi yang cukup ketat, yang dimulai dengan seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, tes praktek, psikotest dan tes kesehatan.

Para peserta yang dinyatakan lulus dalam seleksi yang nantinya akan diikutkan menjadi peserta OJT, program OJT umumnya dilaksanakan selama satu tahun dan selama periode tersebut para peserta akan diberikan berbagai materi dan kesempatan untuk memahami langsung seluk beluk dunia kerja, jelas Syamsir, Kamis 19/1/2023.

Beberapa bidang yang digeluti selama menjadi OJT diantaranya, kemampuan administrasi, pembuatan laporan-laporan, moderator dan pembawa acara saat rapat, peningkatan kemampuan komputer, praktek kerja bersama karyawan dan beberapa materi lainnya yang sangat diperlukan bagi seseorang yang ingin memasuki dunia kerja.

Program OJT di Tambang Senakin sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu dan cukup banyak dari mereka yang akhirnya bisa bekerja pada berbagai perusahaan termasuk perusahaan-perusahaan yang berada dalam lingkungan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin.

Beberapa tahun belakangan ini, program OJT dilaksanakan secara serempak dengan rata yang diterima sebanyak 10 orang per tahun dengan periode magang selama 12 bulan (1 tahun).

Tidak sedikit dari peserta OJT yang tidak menyelesaikan program ini sampai 12 bulan, karena mereka diterima bekerja baik di perusahaan dibawah Arutmin maupun perusahaan lainnya, jelas Syamsir.

Semoga program ini terus berjalan dan bisa menghasilkan generasi muda yang siap memasuki dunia kerja dengan berbagai pengalaman yang dimiliki baik untuk bekerja di perusahaan maupun yang berusaha secara mandiri dan mampu mempekerjakan orang lain dari usahanya tersebut, harapnya.

Sementara, Gita Surahman peserta OJT dari Desa Sangsang yang saat ini sudah bekerja di PT AJL kontraktor PT Arutmin Indonesia Senakin mengatakan, selama menjadi peserta OJT, ilmu yang di dapat itu tidak terhitung saking banyaknya, dapat teman yang baik dan mentor serta senior yang luar biasa baiknya.

Saya di anggap bukan hanya sekedar anak magang saja, tapi sebagai keluarga, semuanya benar-benar tulus dan sabar mengajari dan mendidik saya yang banyak tidak taunya.

Di OJT banyak dapat ilmu yang mahal, pokoknya mentor atau atasan tidak pernah pelit dalam berbagi ilmu untuk saya, puji Gita.

Selain itu saya juga sering di ajarkan bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, pokoknya cara-cara bersosialisasi dengan benar dan itu sangat berguna ditempat kerja saya sekarang.

Kata Gita, OJT peluangnya sangat besar, terbukti dengan masuknya saya ke perusahaan yang sekarang PT AJL.

jujur sebelumnya tidak pernah menyangka kalau akan terpilih menjadi salah satu peserta OJT di PT Arutmin, tapi ternyata saya bisa masuk menjadi peserta OJT dan sangat bersyukur karena sudah diberi kesempatan menjadi salah satu peserta OJT.

pokoknya sebagai anak yg pernah jadi peserta OJT, saya menganggap PT Arutmin itu bukan kantor, bukan tempat kerja tapi PT Arutmin tu rumah yang penuh dengan orang-orang baik, suasananya hangat, pokoknya sama seperti keluarga.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *