Warga Kemayoran Bersama Unit Sektoral Kerja Bakti Kuras Saluran Lingkungan

Metropolitan199 views

Jakarta ,Kabarone.com,-Warga bersama sama dengan unit Sektoral Pemerinta Kota JakartaPusat, kerja bakti melakukan gerebek lumpur dan sampah saluran di lingkungan RW 06, Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, 5/3/2023.

Kerja bakti itu tepatnya dipemukiman warga Jalan Utan Panjang III meliputi lingkungan RW 03 Sumur Batu, RW 04 Cempaka Baru dan RW 08 Kemayoran.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Utan Panjang, Amadeo menyampaikan, dilingkungan RW 06 Utan Panjang sendimen lumpur sudah menebal. Sebagaimana laporan warga perlu dilakukan pengurasan saluran Micro sehingga mengusulkan supaya dilakukan kerja bakti dengan warga sekitar.

Hal itu menurut Lurah dilaksanakan guna mengantisipasi genangan air dan banjir dipemukiman warga disaat musim penghujan ekstrem ini.

“Pengurasan lumpur dan sampah saluran dibersihkan supaya air tidak tersumbat. Fokusnya di saluran air Jalan Utan Panjang III  yang terdiri tiga RT diantaranya RT.007, 008, dan 009 di RW 06 Utan Panjang,” ucapnya.

Kata Lurah, pihaknya berkolaborasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin/Satpel SDA) sehingga titik lokasi saluran air yang dilaporkan warga langsung di kuras petugas SDA supaya alirannya berfungsi dengan lancar.

Pihak Kelurahan juga berkoordinasi dengan warga dan sektoral lainnya  untuk membantu kerja bakti bersih-bersih lingkungan. Demikian juga  dengan petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota untuk memangkas pohon gondrong dan petugas Bina Marga (BM) untuk memperbiki jalan rusak yang berlubang lubang.

Sementara Wakil Ketua Dekot Jakarta Pusat, Nasirman Chaniago saat memantau kegiatan gerebek lumpur dan kerja bakti menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan gerebek lumpur dan kerja bakti tersebut.

Hal itu merupakan sarana sosialisasi antar warga  dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengukur sejauhmana kepedulian warga terhadap lingkungannya sendiri.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini juga merupakan program Pemerintah Provinsi (Pempov) DKI yang dilaksanakan rutin secara gotong royong. Kita melihat kegiatan di lapangan sekaligus eksen pengangkutan lumpur oleh pasukan biru Satuan Tugas (Satgas) Sumber Daya Air (SDA).

“Pada Silaturahmi Minggu Pagi (SMP) kerja bakti ini saya mengapresiasi kegiatan gerebek lumpur di RW 06 Utan Panjang, dimana warganya terlibat langsung bersama-sama dengan pengurus RT/RW dan LMK dan sampah hasil kerja bakti juga diangkut truk Satuan Pelaksana (Satpel) Lingkungan Hidup (LH) dan petugas BM menambal jalan rusak,” ungkapnya.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Eka Sudarmadi menerangkan, dari empat lokasi yang meliputi gerebek lumpur dan sampah dari empat lokasi saluran tersebut di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), ucapnya, 5/3/2023.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *