PT Arutmin Indonesia Gelar Pelatihan Inokulasi, Camat Kelumpang Tengah; Ilmu Itu Dituntut

Daerah178 views

KOTABARU,kabarOne.com- Melalui program PPM PT Arutmin Indonesia Senakin Mine mengadakan Pelatihan inokulasi gaharu untuk masyarakat lingkar Tambang bekerjasama dengan Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat.

Kegiatan dilaksanakan di pendopo kediaman pengasuh pondok pesantren Nurul Robi, Guru Muhammad Thohir, dihadiri management PT Arutmin, Camat Kelumpang Tengah, para Kepala Desa dan utusan dari Desa Lingkar Tambang, Rabu 15/3/2023.

Potensi Gaharu sangat banyak, mulai dari daun hingga akar punya potensi, pohon gaharu digunakan semua agama dan pangsa pasarnya luas.
Untuk menjaga kelestarian alam dari kepunahan, salah satunya solusi budidaya dengan metode rekayasa seperti menyuntik pohon gaharu dengan cara dibor kemudian diberikan serum untuk merangsang pohon gaharu menghasilkan getah.

Supervisor Community Development PT Arutmin Indonesia Senakin Mine Noor Firdaus mengatakan, saya ucapkan terimakasih kepada LPPM ULM yang sudah bersedia untuk membimbing para petani gaharu yang ada di wilayah langkar Tambang Senakin agar lebih berkembang untuk mengelola tanaman gaharu khususnya masyarakat yang sudah memiliki tanaman gaharu.

Kegiatan ini harapannya benar-benar bisa membina sampai berhasil kepada petani- petani yang memiliki tanaman gaharu dan bisa berkelanjutan, jangan sampai putus di pelatihan ini saja, ujar Daus.

Semoga ini nanti ke depannya bisa menjadi penambah ekonomi untuk masyarakat lingkar Tambang untuk pengembangan ekonomi yang lebih baik.

Kata Daus, khusus untuk masyarakat lingkar Tambang ini penekanannya lebih untuk peningkatan ekonomi, artinya kami tidak mengasih ikannya akan tetapi mengasih kailnya agar terus bisa menghasilkan penghasilan secara berkelanjutan nantinya, harapnya.

Sementara Camat Kelumpang Tengah H. Johansyah, S.Sos.M.IP mengatakan, kalau ini memang sangat bermanfaat untuk di kembangkan ke depannya dengan hasil yang di laksanakan pada hari ini dan bisa untuk mengembangkan diri lagi, dalam arti memasarkan dan memperjualbelikan gaharu karena sudah ada hasil, jika seandainya ada hambatan atau halangan tentunya kita msih mengharapkan pelatihan-pelatihan seperti ini.

Karena ilmu itu di tuntut bukan hanya sekedar lewat tulis baca saja, tapi pengalamannya di cari, ujarnya.

Mudah-mudahan kegiatan pelatihan ini berjalan tertib aman dan lancar, apa yang kita pelajari bersama bisa bermanfaat.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *