Sukses Pembukaan Musyawarah Muhammadiyah dan Aisyiyah OKU Timur

Nasional243 views

OKU Timur Sumsel,Kabar One com – Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah (Musyda PDM dan PDA) ke-3 Kabupaten OKU Timur di Aula Kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Harjowinangun, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Ahad (12/03/2023).

Dalam kegiatan tersebut juga adanya Bazar pasar UMKM dengan beberapa stand diantaranya stand UMKM AMM OKU Timur (Pemuda Muhammadiyah, IMM, IPM, Tapak Suci, NA), Stand UMKM SMA Karang Tengah, Stand Bank Sumsel Babel, Stand UMKM SMA Muhammadiyah Sukaraja, UMKM SMA Muhammadiyah Tawangrejo, UMKM SMK Muhammadiyah Belitang, UMKM PCM Madang Suku 1, UMKM PCM Madang Suku 1, UMKM PCM Martapura, UMKM PDA BMT, UMKM Smansa Belitang, dan stand Sembako Murah.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah OKU Timur, Hj. Eni Roza mengatakan Aisyiyah organisasi perempuan Muhammadiyah yang lahir 1917 tetap konsisten memajukan bangsa dan negara. Aisyiyah OKU Timur bersama dengan Bapak Muhammadiyah konsisten berusaha memajukan Kabupaten OKU Timur lewat pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Kinerja Aisyiyah OKU Timur 2015-2022 yang mestinya 5 tahun karena COVID-19. Pertama, di Bidang pendidikan PDA OKU Timur membangun 4 gedung TK Paud di OKU Timur yang terdiri dari 1 TK di Cabang Batumarta, 1 TK di Cabang Martapura, 1 TK Cabang Buay Madang, 1 TK Cabang Triyoso. Sampai saat ini Aisyiyah OKU Timur di bidang pendidikan mengelola 17 TK Paud.
Kedua, di bidang kesehatan PDA OKU Timur berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur, mendata yang terkena penyakit TBC, dan mendampingi pengobatannya. Kemudian PDA OKU Timur ikut mengelola klinik Muhammadiyah. Ketiga, bidang sosial Baitul Mal Wat Tamwi (BMT) yang sistemnya syariah, kemudian Aisyiyah OKU Timur tahun 2022 mendirikan Panti Asuhan, dan Rumah Tahfidz Quran Fathimah Az-Zahra dan Uwais Al-Qorni.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dari pengurus Aisyiyah, Bapak Muhammadiyah, maupun Pemerintah atas sinerginya. Gerakan Muhammadiyah merupakan gerakan amar makruh nahi munkar, yang gerakannya mencari rahmat Allah SWT,” terangnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur, H. Prioyitno, S.Pd., M.M mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati OKU Timur. Muhammadiyah siap membantu bersinergi kepada pemerintah. Hadir dalam Musyawarah Daerah ke-3 PDM dan PDA OKU Timur berjumlah 3000-an massa karena perwakilan.

“Muhammadiyah itu bersinergi dengan Pemerintah, Insya Allah kita siap membantu Bapak Bupati, dari bidang pendidikan dan doakan setelah ini Muhammadiyah mendirikan pondok Pesantren yang ada di Madang Suku 1 berdampingan dengan Panti Asuhan Al-Furqon Muhammadiyah. Insya Allah, kita siap membantu Bapak Bupati, OKU Timur maju lebih mulia,” terang Ayahanda Prio.

“Nantinya ada pleno musyawarah dari Muhammadiyah, dan Aisyiyah secara masing-masing. Kalau tadi ada pertunjukan seni reog, nanti malam ada pertunjukan wayang juga. Dalam memperingati Musyda ke-3 ini ada bazar pasar murah sinergi dengan Bulog 3 ton beras, sembako, dan kupon abis. Menjual dengan harga murah dari harga normal tidak rugi, inilah Muhammadiyah untuk warga dan masyarakat tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Muhammadiyah adalah tempat mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkapnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan (PWM Sumsel), Ridwan Hayatuddin, S.H., M.H mengatakan Al-Quran memerintahkan kita apabila mendapatkan kehormatan, maka balaslah kehormatan itu dengan yang lebih dari itu, kalau tidak bisa tetap balas sebisanya. Karena selama ini perhatian Bapak Bupati OKU Timur kepada masyarakat begitu besar termasuk kepada Muhammadiyah, maka saya memberikan wejangan, Pak Bupati yang membuka Musyda ke-3 PDM dan PDA ini.

“Muhammadiyah adalah mitra dengan Pemerintah, Nabi saja pernah berkata bahwa aku berhasil dakwah karena ada 2 di langit dan 2 di bumi, 2 di langit adalah Jibril dan Mikail, 2 di bumi adalah Abu Bakar dan Umar. Maka, Muhammadiyah akan bersinergi dengan Pemerintah, Muhammadiyah akan bersahabat, ber-partner dalam mewujudkan kemajuan ummat,” terang Hayatuddin.

“Kami apresiasi Muhammadiyah OKU Timur telah mengalami progres positif, kalau mau melihat Yogyakarta nya ada di OKU Timur, jadi Kauman nya Belitang-Sumatera Selatan. Tentu karena kerjasamanya dari berbagai pihak dengan baik,” tutupnya.

Bupati OKU Timur, Ir. H. Lanosin, S.T mengatakan Musyawarah Daerah (Musyda) merupakan forum musyawarah tertinggi bagi organisasi Muhammadiyah. Dalam Musyda akan disampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus periode yang lalu, sedangkan agenda lainnya adalah menyusun garis-garis besar program untuk masa khidmat berikutnya, mengevaluasi kinerja organisasi dan melakukan konsolidasi, serta memilih kepengurusan baru.

“Saya menyampaikan terima kasih, apresiasi kepada seluruh keluarga besar Muhammadiyah Kabupaten OKU Timur. Karena keberadaan Muhammadiyah Kabupaten OKU Timur, sebagai salah satu komponen masyarakat, salah satu organisasi keagamaan, yang menjadi mitra pemerintah kabupaten OKU Timur. sudah sangat besar kontribusinya. Muhammadiyah dikenal dengan perjuanganya di bidang pendidikan,” terang Bupati OKU Timur itu.

“Selamat melaksanakan Musyda ke-3 Muhammadiyah dan Aisiyah Kabupaten OKU Timur, semoga menghasilkan Keputusan yang terbaik dan bisa memimpin Muhammadiyah OKU Timur untuk seiring sejalan bersama membangun Kabupaten OKU Timur,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Musyda ke-3 PDM dan PDA Kabupaten OKU Timur ini Bupati OKU Timur, Ir. H. Lanosin, S.T, Ridwan Hayatuddin, S.H., M.H selaku Ketua PWM Sumsel, Hj. Eni Roza selaku Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah OKU Timur periode 2015-2022, H. Prioyitno, S.Pd., M.M selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur periode 2015-2022, Dr. H. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I selaku Sekretaris PWM Sumsel periode 2017-2022, Didi Franzhardi, M.Pd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Kemenag, BRI Cabang Baturaja, Komandan Kodim, Kapolres, Brimob, Ketua Pemangku Adat OKU Timur, PCNU, LDII, Camat Belitang, delegasi Cabang, dan Ranting Muhammadiyah-Aisyiyah se-OKU Timur, Organisasi otonom Muhammadiyah OKU Timur, dan lain sebagainya. (Penulis: Preli Yulianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *