Sesuai Jadwal, PPS Condongcatur Melaksanakan Tahapan Pemilu 2024

News75 views

SLEMAN, kabarOne.com – Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih dan Surat Keputusan KPU Nomor 27 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Negeri pada penyelenggaraan Pemilihan Umum, maka rapat Pleno DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) adalah sebuah proses berjenjang dan dilaksanakan secara nasional serentak di seluruh Indonesia.

Berkaitan hal itu, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2024 bertempat di Ruang Wacana Loka Kantor Kalurahan Condongcatur, Senin (8/5/2023) pukul 10.00 WIB.

Ketua PPS Condongcatur, Wuri Handayani, menjelaskan, dalam rapat pleno rekapitulasi DPSHP ini sesuai ketentuan, yang diundang adalah Lurah Condongcatur, Bhabinkamtibmas, Babinsa, PKD (Pengawas Kalurahan/Desa), 18 Ketua Partai Politik Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kalurahan.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, mengapresiasi atas kinerja PPS Condongcatur yang telah melaksanakan tahapan Pemilu 2024 sesuai jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU.

Selain itu, Lurah Condongcatur juga memberi apresiasi kepada Pantarlih yang telah melaksanakan pemutakhiran data pemilih. “Sehingga dapat ditetapkan DPS dan beserta perbaikan,” kata Reno.

Lurah Condongcatur berharap, Pemilu 2024 nanti partisipasi masyarakat Condongcatur untuk mengunakan hak pilihnya dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

Rapat Pleno DPHP dipimpin Ketua PPS Condongcatur yang dibuka secara resmi ditandai dengan mengetuk palu sidang Rapat Pleno DPSHP, dilanjutkan pembacaan rincian data TPS 1-133 dalam lampiran dokumen Rekapitulasi oleh Anggota PPS Ghulamul Mustofa dan Juliana Sukmawati.

Hasil rekapitulasi Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan adalah jumlah TPS ada 137, jumlah pemilih aktif ada 33.477 orang, jumlah pemilih baru ada 6 orang, jumlah pemilih tidak memenuhi syarat ada 126 orang. Perbaikan data pemilih: 24 dan pemilih potensial nonKTP-el: 79.

Selanjutnya, hasil pleno dituangkan dalam Berita Acara No. 003/PP.05.1-BA/34040720003/2023 dan salinan Berita Acara diberikan kepada Pemerintah Kalurahan, PKD dan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024

Pengawas Kalurahan/PKD, Muhammad Rio Agywijaya, dalam tanggapannya pada rapat pleno DPSHP memberikan masukan terkait data pemilih disabilitas yang belum terdaftar untuk bisa segera dikoordinasikan lebih lanjut dengan Ketua PPDI Depok.

Dalam rapat pleno rekapitulasi DPSHP ini dihadiri Indah Sri Wulandari, SE, M.Sc selaku Ketua Divisi Perencananaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sleman, yang memonitori langsung dan mengapresiasi atas pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP oleh PPS Condongcatur, segenap PPK serta Panwascam Depok.

Jumlah TPS di Kalurahan Condongcatur sekarang menjadi 137 TPS terdiri dari 133 TPS reguler dan 4 TPS khusus yang sudah masuk seperti dari kampus UPN dan Stikes Guna Bangsa.

Kampus-kampus yang berada di wilayah Condongcatur seperti AMIKOM, UII dan lainnya diimbau untuk bisa mendaftarkan mahasiswanya agar pada saat pelaksanaan pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 bisa menggunakan hak pilih dan membentuk TPS khusus. Mengingat jumlah mahasiswa di wilayah Condongcatur cukup banyak jumlahnya. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *